Sabtu,3 Okt 2015 19:13 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

WRC : Satu SS Dibatalkan, Latvala Ambil Alih Posisi Terdepan

Foto: wrc.com

WRC : Satu SS Dibatalkan, Latvala Ambil Alih Posisi Terdepan



Korsika – Menyusul cuaca buruk yang terjadi saat berlangsungnya reli Perancis di Korsika, satu tahapan khusus kembali dibatalkan hari Sabtu (3/10), peserta menuju SS berikutnya dan Jari-Matti Latvala kini memimpin.

Panitia membatalkan tahapan pembuka hari Sabtu (SS4, Casamozza-Ponte Leccia 2) karena badai. Rute sejauh 43,69 km ini merupakan ulangan SS2 hari Jumat yang juga dibatalkan setelah hujan deras mengakibatkan banjir serta tanah longsor.

Akibatnya hari Sabtu hanya menjalankan dua tahapan khusus. Peserta langsung memulai aksinya di SS5. Sementara itu panitia menegaskan, akibat adanya kemacetan lalu lintas, semua hukuman keterlambatan dibatalkan.

Hari Jumat, pereli Hyundai, Thierry Neuville gagal menyelesaikan SS1 karena mobilnya rusak setelah menghantam jembatan. Malam harinya, juara tiga kali Sebastien Ogier berhenti usai menyelesaikan SS3 akibat tuas pemindah gigi mobil VW-nya bermasalah.

Kali ini mantan pembalap F1, Robert Kubica yang berada di posisi lima, mundur setelah mengalami kerusakan dua kali pada SS5.

Kondisi jalan yang licin membuat banyak pembalap memilih ban Michelin kompon lembut karena merasa kondisi lebih buruk dari kemarin.

Pereli tim VW, Jari-Matti Latvala yang Jumat malam berada di posisi tiga dan tertinggal 22,9 detik dari pereli tim M-Sport, Elfyn Evas, menyodok ke urutan dua usai SS5 dan hanya terpaut 1,7 detik.

Rekan setimnya, Andreas Mikkelsen juga melesat dari posisi tujuh ke peringkat tiga, tertinggal 27,8 detik dari Evans dan 1,3 detik di depan pereli tim hyundai, Kevin Abbring.

Abbring yang Jumat malam berada di posisi kedua, merosot jadi keempat karena salah memilih ban. Ia meggunakan ban kompon keras pada mobil i20 andalannya.

Latvala menutup hari kedua sebagai pereli tercepat, mengambil alih posisi terdepan milik Evans setelah menyelesaikan SS6, meskipun dilaporkan mengalami masalah pada girboks mobil VW Polo R yang dikendarainya di akhir SS6.

Pereli tim Citroen, Kris Meeke naik ke posisi empat menggeser Abbring. (otosport.otomotifnet.com)

Hasil Lomba Hingga SS6
1. Jari-Matti Latvala Volkswagen Motorsport Polo R WRC 1hr 42m 24.8s M 
2. Elfyn Evans M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +0m 02.0s M 
3. Andreas Mikkelsen Volkswagen Motorsport II Polo R WRC +0m 30.8s M 
4. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +0m 53.6s M 
5. Kevin Abbring Hyundai Motorsport i20 WRC +1m 00.1s 
6. Mads Ostberg Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +1m 05.7s M 
7. Hayden Paddon Hyundai Motorsport N i20 WRC +1m 25.5s M 
8. Bryan Bouffier M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +1m 37.2s M 
9. Stephane Sarrazin Ford Fiesta RS WRC +1m 51.6s M 
10. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +1m 53.9s M 

Other(s) 
11. Dani Sordo Hyundai Motorsport i20 WRC +2m 02.6s M 
12. Stephane Lefebvre Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +2m 26.9s M 
13. Martin Prokop Jipocar Czech National Team Ford Fiesta RS WRC +4m 07.2s M 

EDITOR

Dimas Pradopo

Top