Kamis,31 Maret 2016 20:39 WIB

Penulis: DAB

Liputan Langsung ARRC Seri 1 Johor

ARRC Seri 1: Alasan Dipilihnya Sirkuit Johor Sebagai Seri Pembuka

  • Foto: DAB

    Menujur tikungan akhir sirkuit Johor harus dengan menanjak

JOHOR - Seri Asia Road Racing Championship (ARRC) Malaysia untuk pertama kalinya digelar di sirkuit Johor. Hal ini dikarenakan sirkuit Sepang sedang dilakukan perbaikan aspal.Perbaikan aspal tersebut diprediksi selesai pada bulan Mei mendatang.

Bisa dibilang ini juga yang menjadikannya seri F1 Malaysia mundur pada sampai bulan oktober. Sirkuit Johor pun tak kalah unik, dengan panjang 3,86 km, sirkuit ini pernah menggelar balapan bergengsi seperti MotoGP pada tahun 1998. 

"Sirkuit Johor ini pernah mengadakan MotoGP pada tahun 1998, setahun setelah seri MotoGP Indonesia. Dengan layout yang menantang pun menjadi alasan kami memilih kembali mengadakan balap di sini (Johor)," kata Paulyne Cheng selaku Kepala Divisi Komunikasi Two Wheels Motor Racing (TWMR), promotor ARRC.

Yup, terakhir kali ada ajang balap di sirkuit Johor adalah tahun lalu ketika ada fun race balap mobil yang datang dari komunitas Singapura. 

Hal unik lainnya adalah seri ARRC yang digelar di Johor dimulai sejak Kamis hingga Sabtu, sesi latihan hingga raceday alias balapannya. Tidak seperti seri lain yang digelar sejak hari jumat sampai minggu. 

"Di bagian Johor ini akhir pekan jatuh pada hari Jumat dan Sabtu. Sebab hari jumat dipercaya sebagai hari suci umat Islam yang menjadi penganutnya jadi mayoritas di Johor. Masyrakat Johor pun memulai pekannya di hari Minggu, seperti sekolah dan pekerja kantorannya," imbuh Paulyne Cheng. 

Waah, jadi mirip sirkuit Assen, Belanda dong yang tidak menggelar balapan di hari Minggu karena bertepatan dengan jadwal gereja umat Nasrani. (otomotifnet.com)

EDITOR

Joni Lono Mulia

Top