Senin,3 Okt 2016 13:45 WIB

Penulis: billy

Lipsung CEV Moto2 Jerez

Balap Motor di Spanyol, Dimas Ekky Harus Adaptasi Ban Spin

Foto: AHM

Dimas Ekky Pratama terkendala abrasi ban belakang saat fight di tiga besar CEV Moto2 Jerez (2/10)

JEREZ - Dimas Ekky Pratama berhasil finis di posisi lima CEV Moto2 Jerez, Spanyol (2/10). Selepas start, Dimas berhasil menembus ke posisi empat dan bersaing untuk posisi terdepan bersama Alan Techer, Steven Odendaal, dan Tetsuta Nagashima.

Sayangnya pembalap asal Depok, Jabar ini sempat didera gejala ban spin  dan berusaha beradaptasi di setiap tikungan. “Jerez tipikal sirkuit cepat dan harus adaptasi dengan ban spin,” tambah Dimas.

Hal ini dirasakan saat motor miring keluar tikungan. Efeknya lap demi lap  jaraknya dengan tiga pembalap terdepan makin melebar. Hingga lap keenam, Dimas harus kembali ke posisi lima setelah didahului oleh Augusto Fernandez.

Adaptasi terus dilakukan Dimas lewat 4 kali sesi latihan. Terus dipelajari karakter one make tire Dunlop yang memang hanya tersedia dua pilihan kompon. Yakni soft dan medium. Kemungkinan ban yang menipis dan banyaknya bekas ban dari pembalap lain di lintasan juga jadi tantangan.

Pilihan sasis Kalex juga  butuh penyesuaian. Pastinya ada pengaruh terhadap geometri suspensi dan ban spin. “Kami pilih Kalex. Pilihan lain ada Tech 3, Speed up, Suter dan NTS,” terang Anggono Iriawan, senior manager safety riding dan motorsport Astra Honda Motor (AHM) yang juga bertandang ke Jerez. (otomotifnet.com)

EDITOR

DAB

Top