Jumat,13 Nov 2015 11:40 WIB

Penulis: Iday

Final Yamaha Cup Race. Merit Sebar 14 Mesin: Itu Belum Seberapa

Foto: Salim

Final Yamaha Cup Race. Merit Sebar 14 Mesin: Itu Belum Seberapa



Merit Waskito, mekanik senior tanah air salah satu mekanik yang menyebar banyak mesin garapannya ke tim-tim lain. Total di final
Yamaha Cup Race di Sentul, Bogor, Jawa Barat (12-15/11), ada 14 motor yang modifikasi mesinnya digarap pria asal Solo ini.

“Totalnya ada 14 mesin. Tapi ini belum seberapa dibanding final Yamaha Cup Race 2006 lalu di Kemayoran (Jakarta). Saat itu ada 34
motor. Itu zaman awal-awalnya Jupiter,” terang Merit di sela-sela kesibukannya di sirkuit Sentul (12/11).

Tim yang mendapat suplai mesin berasal dari Sumatra, yakni Banda Aceh dan Medan. Totalnya ada 10 mesin untuk luar Jawa. Khusus mesin injeksi Jupiter Z1, merupakan hasil risetnya yang ia mulai awal 2014.

“Untuk belajar perlu satu tahun lebih. Yang lama itu mencari daya tahan mesin, kalau untuk menaikkan power sih mirip-mirip (dengan karburator). Piston jebol sudah 20 buah lebih,” papar mekanik yang tergabung dalam tim Yamaha Yamalube RPM NHK FDR SSS KYB AHRS R9.

Nah, setiap mesin standar yang sudah ia up-grade untuk balap,  dikirim ke pemesan dengan dilengkapi catatan spesifikasi mesin. Seperti kompresi, bukaan kem, jarak clearance piston dan lainnya. 

EDITOR

fauzi

Top