Minggu,28 Feb 2016 15:45 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

Gelaran MiniGP

Indonesian MiniGP Fun Race Diserbu Ratusan Starter

Foto: Dimas Pradopo

Ajang Mini GP Fun Race disemuti banyak kontestan

TANGERANG - Gelaran perdana Indonesian MiniGP Fun Race digelar hari ini (28/2), meski hujan turun sejak pagi hari tidak menyurutkan antusiasme peserta. Panitia pun tak diam saja, genangan air langsung disapu.

Agar cepat kering mobil-mobil gokart diturunkan agar panas traksi ban dan mesinnya membuat racing line terbebas dari air. Lumayan seru karena wartawan yang datang didaulat menjadi pilot gokart. "Lumayan sambil ngeringin sirkuit sambil pemanasan sebelum turun di kelas wartawan," ujar Antonius Yulianto dari Tabloid OTOMOTIF.

Kembali ke antusias peserta, totalnya 136 starter ambil bagian di 8 kelas yang diperlombakan. "Paling banyak kelas mini 1 dan 2 yang untuk anak-anak," buka Ergus Oei, seksi sibuk Indonesian MiniGP Fun Race.

Berlangsung di di sirkuit gokart Mall Balekota, Tangerang, kedua kelas khusus anak ini mempertandingkan pembalap belia berusia 6-9 tahun dan 10-13 tahun.

"Dari sini kita bisa lihat bakat pembalap-pembalap muda. Kalau dimulai dari bebek kan postur badannya belum pas, tapi pakai motor ini lebih cocok," beber Ergus Oei yang mengaku tidak menutup kemungkinan kedepannya tim-tim besar mencari bakat dari ajang ini.

Untuk ikut turun di balap ini modifikasi mesin mocil asal Tiongkok ini boleh mengganti piston dengan diameter maksimal 44 mm, kruk as boleh dimodifikasi, blok silinder silahkan diporting, reamer karburator dan modifikasi pengapian juga diperbolehkan. Knalpot boleh ganti tipe racing dan ganti kampas kopling.

Untuk sasis dan kaki-kakinya, boleh mengganti setang, jok dan pijakan kaki menyesuaikan postur sang rider. Lalu, ban, rem dan gir-rantai juga boleh diganti agar lebih safety. (otomotifnet.com)


KELAS MINI GP YANG DILOMBAKAN
Mini 1: Usia 6-9 tahun
Mini 2: Usia 10-13 tahun
Mini 3: Pembalap profesional yang masih aktif balap
Mini 4: Master untuk umum berat badan < 70 kg
Mini 5: Master untuk umum berat badan 70 - 80 kg
Mini 6: Master untuk umum berat badan > 80 kg
Mini 7: Master untuk umum usia > 40 tahun
Mini 8: Wartawan

 

EDITOR

Joni Lono Mulia

Top