Kamis,25 Feb 2016 15:00 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

Ini Sirkuit Gokart Balekota, Tuan Rumah Indonesian MiniGP Fun Race

  • Foto: Popo

    Ini Gambaran Sirkuit Gokart Balekota Tangerang, Indonesian MiniGP Fun Race

  • Foto: Popo

    Ini Gambaran Sirkuit Gokart Balekota Tangerang, Indonesian MiniGP Fun Race

  • Foto: Popo

    Ini Gambaran Sirkuit Gokart Balekota Tangerang, Indonesian MiniGP Fun Race

Penasaran dengan sirkuit yang akan menjadi tepat digelarnya Indonesian MiniGP Fun Race? Ini dia Sirkuit Gokart Mall Balekota. Secara profesional, sirkuit ini dikelola oleh Hendri Lamtoro yang menyewakan gokart sebagai permainan sejak November tahun lalu.

Karena treknya masih baru, kondisi aspalnya terbilang mulus meski ada beberapa bagian yang bumpy. "Enaknya di sini semuanya aspal tidak ada yang beton, gripnya jadi lebih enak. Ban bisa pakai slick," buka Ergus Oei, tim sibuk dalam gelaran fun race perdana ini.

Total panjangnya 280 meter dan lebar 7 meter. "Tikungannya ada 8, 5 ke kanan dan 3 ke kiri. Memang tidak ada trek lurus yang panjang, tapi karakternya high speed karena semua tikungannya lebar-lebar," beber Hendri, pengelola sirkuit yang juga memiliki trek serupa di Bekasi, Jabar dan Solo, Jateng.

Menaklukan sirkuit seperti ini gampang-gampang susah, karena harus menahan motor tanpa suspensi ini melaju kencang di tikungan parabolik panjang. "Harus rolling speed di tikungan panjang itu," beber Dimas Ekky, pembalap Astra Honda Racing Team yang sudah beberapa kali menjajal ngebut di sirkuit ini naik Mocil GP-nya.

"Semua tikungannya juga karakternya cepat, asyik juga main di sini meski treknya enggak terlalu panjang," sambung pembalap yang tahun ini turun di Moto2 CEV Spain dan Asia Road Racing Championship kelas supersport 600 cc.

Fasilitas pendukungan juga lebih dari cukup, parkir mobil dan motor ada di area samping sirkuit. Jika penuh bisa masuk ke parkiran Balekota Mall yang masih satu area. Urusan makan siang atau sekedar ngemil, juga tersedia banyak pilihan di dalam mall.

Rencananya balap senang-senang ini akan digelar hari Minggu 28 Februari 2016 mendatang di sirkuit gokart Mall Balekota, Tangerang. Modalnya tentu saja MiniGP, boleh standar boleh juga yang sudah oprekan.

Yang harus diperhatikan, untuk modifikasi mesin mocil asal Tiongkok ini boleh mengganti piston dengan diameter maksimal 44 mm, kruk as boleh dimodifikasi, blok silinder silahkan diporting, reamer karburator dan modifikasi pengapian juga diperbolehkan. Knalpot boleh ganti tipe racing dan ganti kampas kopling.

Untuk sasis dan kaki-kakinya, boleh mengganti setang, jok dan pijakan kaki menyesuaikan postur sang rider. Lalu, ban, rem dan gir-rantai juga boleh diganti agar lebih safety. Kelas yang diperlombakan sendiri ada 8 dan biaya pendaftarannya Rp 150 ribu saja.

"Ayo kita seru-seruan," ajak pria ramah ini. Yuks! Langsung hubungi Ergus di 08129082857, atau Angga di 08129456913. (otomotifnet.com)

Kelas yang dipertandingkan
Mini 1 : Usia 6-9 tahun
Mini 2 : Usia 10-13 tahun
Mini 3 : Pembalap profesional yang masih aktif balap
Mini 4 : Master untuk umum berat badan < 70 kg
Mini 5 : Master untuk umum berat badan 70 - 85 kg
Mini 6 : Master untuk umum berat badan > 85 kg
Mini 7 : Master untuk umum usia > 40 tahun
Mini 8 : Wartawan

Sirkuit Gokart Balekota : 082111790606

EDITOR

Dimas Pradopo

Top