Senin,7 Des 2015 21:00 WIB

Penulis: fendi

Karel Abraham Tersingkir dari MotoGP Pindah ke Superbike

Foto: WorldSBK.com

Belum pernah balapan superbike jadi tantangan bagi Karel Abraham

Eropa – Kerasnya persaingan di arena MotoGP membuat Karel Abraham tersingkir, ia pun banting setang berkompetisi di kejuaraan dunia superbike (WSBK) di 2016 bersama tim Milwaukee menunggang motor BMW.

Karel Abraham yang lahir di Brno, Ceko, 25 tahun lalu memulai karier di MotoGP pada 2011 dengan tim AB Motoracing milik ayahnya. Ia dibekali motor Ducati Desmosedici GP12, Aprilia GP13 dan Honda RC213V-RS.

Sepanjang kariernya di MotoGP, prestasi terbaiknya hanya finish sampai urutan tujuh ketika mengendarai Ducati. Peringkat tertinggi yang dicapainya dua kali di urutan 14 klasemen pada 2011 dan 2012. Tahun 2015 paling parah, tidak meraih point.

Hampir separuh jumlah balapan MotoGP yang diikuti, berakhir dengan kecelakaan. Setelah merasakan kerasnya bersaing di MotoGP, Abraham pun memutuskan pindah haluan. Tahun depan ia akan menggeber BMW S1000RR WBSK membela tim Milwaukee.

“Pindah ke WSBK dengan tim seperti Milwaukee BMW itu sangat menarik,” kata Abraham. “Ini juga akan menjadi tantangan karena saya belum pernah mengendarai superbike dan banyak trek baru. Tetapi saya yakin kami akan segera mendapat kecepatan,” lanjutnya.

“BMW Motorrad Motorsport akan memberi dukungan dan pengetahuan teknis serta tenaga ahli yang akan bekerja bersama tim di sepanjang musim, di samping mesin dan elektronik,” demikian bunyi siaran pers tim.

“Tim akan bertanggung jawab untuk pengembangan motor sepanjang musim balap dan mengelola apsek logistik di setiap balapan yang diikuti.”

Abraham akan berpartner dengan Josh Brookes, pembalap asal Australia yang juara Superbike Inggris 2015 bersama tim Milwaukee. Brookes pernah beberapa tahun balapan di WSBK antara tahun 2006 dan 2012 dan di kelas Supersport.

“Saya senang bisa kembali ke WSBK dan bergabung dengan tim yang sama  yang memenangkan saya juara Superbike Inggris dengan sempurna,” ujar Brookes. Ia mengaku belum pernah mengendarai BMW, tetapi yakin bisa kompetitif.

Tahun 2016, BMW Motorrad Motorsport juga mensupport tim Althea Racing dan sudah lebih dulu mengumumkan susunan pembalapnya, Jordi Torres dan Markus Reiterberger.

Ya, siapa tahu keputusan Karel Abraham pindah ke WSBK bisa membuat prestasinya lebih bersinar. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top