Selasa,29 Maret 2016 21:45 WIB

Penulis: DAB

Kejurnas Sport 250 cc Seri 1

Kejurnas Sport 250 cc: Kevin Berani Tampil Beda!

Foto: DAB

Joseph Kevin (Federal Oil Racing Team) menjadi satu-satunya yang membesut Honda

OTOMOTIFNET - Ada yang mencuri perhatian di Kejurnas Sport 250 seri 1 (27/3) yaitu ada satu pembalap yang menggunakan Honda CBR250R. Loh, bukannya itu biasa?

Hal yang bikin enggak biasa adalah dari total 25 pembalap, 24 turun mengandalkan Yamaha YZF-R25, Satu orang saja, yaitu Joseph Kevin (Federal Oil Racing Team) turun dengan kuda besi Honda.

“Bukan tanpa alasan, saya pilih Honda karena akselerasi bawahnya bagus, terutama pas keluar tikungan lebih optimal,” beber Kevin, panggilan akrab Joseph Kevin.

Joseph Kevin
Tetap 'pede' melawan pembalap Yamaha R25

Faktor lain yang menjadi pembeda adalah R25 mengusung mesin dua silinder, sedangkan Honda CBR250R ini hanya satu silinder. Alhasil, tenaga mesin yang dimuntahkan pun berbeda.

Namun, di sesi latihan dan kualifikasi Kevin mampu bersaing di papan tengah. Di sesi warm up, pemuda asal Lampung ini menembus 10 besar terkencang.

Hasil yang dicapai itu tidaklah gampang. Kuda besi yang dipakai saja baru rampung dirancang pada Jumat pagi. Bahkan sempat dilakukan beberapa perubahan karena beberapa hal yang tidak sesuai regulasi.

“Ada beberapa bagian yang enggak klop dengan regulasi. Sialnya baru tahu pas Jumat pagi. Langsung saja kita benahi lagi dan berusaha mendekati regulasi."

"Pun kalau harus optimal banget  masih kita kekurangan waktu,” ujar Jimmy S. Winata selaku pemilik Federal Oil Racing Team.

Sempat curiga, alasan dipilihnya brand Honda di samping nyaman bagi Kevin, namun karena keterkaitan sponsor Federal oil Gresini Moto2 yang juga menggunakan mesin Honda. “Memang kebetulan sekali pas. Selain Kevin cukup nyaman, kami memang pengalaman dengan Honda,” ungkap Jimmy, panggilan akrab Jimmy S. Winata.

“Karena itu kami turun di dua kelas (Supersport 600 dan Sport 250) yang bertujuan bertujuan dapat mengakselerasi performa balap Kevin. Kalau bagus semoga saja dilirik bergabung dengan timnya Sam Lowes di Moto2,” imbuh pria berkacamata minus itu.

Nahasnya, Kevin gagal menyelesaikan lomba. Ia harus keluar dari lomba setelah menyelesaikan tiga lap. Seri pertama kejurnas 250 cc ini berhasil dimenangi oleh Wilman Hammar, M. Zaki dan Janoer Deden yang ketiganya turun dengan YZF-R25. Balas di seri kedua nanti, Kevin.(otomotifnet.com)

EDITOR

JLM

Top