Minggu,28 April 2013 16:46 WIB

Penulis: Agus Sulis

Matic Race Sentul, Jadwal Mulur, Lap Terpaksa Dipangkas!

Foto: Harry

Matic Race Sentul, Jadwal Mulur, Lap Terpaksa Dipangkas!


Urusan telat atau mulur memang sudah budaya kita. Enggak heran terbawa sampai urusan event sekelas Pertamina Enduro Comet KYT R9 BRT The Master of Matic Race, seri I di sirkuit gokart Sentul, Jabar (21/4). Bukan soal mulur yang umumnya orang sudah mahfum. Tapi efeknya itu lo yang bikin jumlah lap dipangkas.

Lomba seharusnya berakhir pukul 15.45 WIB, mundur hingga 17.45 WIB. Itu belum termasuk pembagian piala yang dibagikan saat hari sudah gelap. “QTT baru dimulai minggu pagi, seharusnya Sabtu juga QTT supaya enggak numpuk di Minggu semua,” terang Riyanto, dari tim Elpra CLD KYT BBS YP Racing Team asal Bandung, jabar ini.

Sementara Madun, peserta tim WRC Seroja Hosana Racing Team menilai panitia kurang dapat mengantisipasi membludaknya peserta. Sehingga jadwal yang tersusun berantakan semua. Dari sisi penyelenggara, Toddy Andries, pimpinan lomba mengungkapkan mulurnya jadwal lantaran kendala teknis di lapangan. “Contohnya kita kekurangan transponder, jadi panitia di lapangan harus memindahkan alat itu ke motor yang akan turun balap,” ujarnya.

Tak pelak, waktu persiapan peserta di tiap kelas jadi lama karena pembalap di kelas berikutnya mesti nunggu transpoder. Sedangkan Helmy Sungkar, selaku penyelenggara menyebut upacara pembukaan yang terlalu lama lah penyebabnya. “Karena hari ini bertepatan dengan Hari Kartini, pembalap wanita kita panggil dan ditanya-tanya saat upacara pembukaan, itu yang memakan waktu cukup lama,” katanya.

Alhasil, jeda setiap kelas yang dilombakan antara 5 hingga 30 menit dan jumlah putaran terpaksa dipangkas rata-rata 2 lap tiap kelas. Wah, semoga seri II, Subang besok enggak kayak gini lagi. (otosport.co.id) 

EDITOR

billy

Top