Jumat,23 Okt 2015 16:00 WIB

Penulis: Iday

Menyaksikan Langsung Free Practise 2 MotoGP Malaysia. Aroma Prestisius

Foto: Iday, MotoGP.com (Sepang Map)

Menyaksikan Langsung Free Practise 2 MotoGP Malaysia. Aroma Prestisius


Setelah sesi pertama yang berlangsung pukul 09.55-10.40 waktuSepang, Malaysia (23/10), kelas MotoGP melangsungkan latihan bebas (freepractise/FP) kedua pukul 14.05-14.50.

Menggunakan Photo Shuttle, mobil yang berkeliling trek untukmengangkut personel media, OTOMOTIF langsung minta diantar ke tikungan 9. ProtonExora yang mengantar pun menuju ke tikungan tricky. Pasalnya, usai melaju di treklurus, mereka harus mengerem keras dan wajib menikung perlahan. Persis di tikungankedua.

Bedanya, tikungan ini awal tanjakan yang jika pembalapbernafsu, akan mudah untuk tergelincir. Di tikungan ini kebetulan tak banyakfotografer mengambil gambar dari sini. Hanya ada dua-tiga orang.

Namun dari tikungan ini, kita dapat melihat bagaimana Marc Marquezdari Repsol Honda menurunkan kaki sambil mengerem keras. Juga beberapa pembalapnyaris terpeleset akibat terlalu cepat masuk tikungan.

Satu hal lagi yang prestisius adalah aroma yang muncul darimotor-motor yang melintas. Tak kalah wangi dengan parfum yang digunakan wanitacantik yang melenggang di area paddock.

Puas menyaksikan dari tikungan 9 yang ada di sebelahselatan, fokus kini di tikungan 4. Ini tikungan d mana para pembalap menanjaktanpa melihat ke mana arah turunan (blind spot) untuk kemudian menurun tajam kekiri dalam kecepatan tinggi.

Dari titik ini dapat terlihat pembalap mengubah arah motordari miring ke kanan, menanjak untuk selanjutnya menurun cepat. Juga bagaimanamotor sangat rebah menanjak dan menurun dalam kecepatan tinggi sehingga sepertimelihat gokart melintas.

Sementara itu matahari tak kelihatan di sesi ini, persis cuacasejak pagi hari. Panasnya pun seakan tak terasa dengan angin yang tak terasapanas. Namun kamera di tangan menunjukkan kalau hari sangat panas. Buktinya,lensa kamera terasa hangat sedikit panas. Hufft...peluh pun membasahi tubuh.

Dari informasi yang didapat, temperatur udara mencapai 35derajat celcius. Kelembaban 48% dan suhu lintasan 47 derajat celcius.

Di sesi FP2, Jorge Lorenzo menjadi yang tercepat. PembalapMovistar Yamaha MotoGP memperbaiki catatan waktu Dani Pedrosa yang tercepat disesi pertama. Lorenzo 2’00.246, sementara Pedrosa 2’00.412 di sesi pertama.Pedrosa sendiri mencetak 2’00.293 di FP2.

Sementara Valentino Rossi tercepat keempat di FP1 dankedelapan di FP2. Di FP1 ia mencetak 2’00.915 sementara di FP2 2’01.305.Sedikit mengkhawatirkan buat penggemar Rossi, karena pimpinan klasemensementara ini ingin tercepat di semua sesi.

Sebagai catatan, tahun 2014 fastest lap diraih Marc Marquezdengan 1’59.791 sementara circuit record juga dicetak Marquez dengan 2’01.150.


Valentino Rossi di FP2, tercepat kedelapan


Jorge Lorenzo dengan knee dan elbow down


Gaya Maverick Vinales keluar tikungan 9


Dani Pedrosa sangat kuat sejak FP1 di Sepang 2015


Pol Espargaro keluar trek, entah apakah ada insiden dengan Vinales


Banyak fotografer di tikungan 4, para pembalap mengangkat roda usai melakukan FP2


Fans dan jurnalis mengerubungi paddock Valentino Rossi, berharap bertemu saat Rossi berjalan menuju hospitality room

EDITOR

fauzi

Top