Selasa,10 Nov 2015 20:00 WIB

Penulis: Iday

MotoGP. Tes di Valencia. Marquez Terjatuh, Marquez Tercepat

Foto: crash.net

MotoGP. Tes di Valencia. Marquez Terjatuh, Marquez Tercepat



Dalam hitungan jam sejak seri terakhir 2015, para pembalap mulai menjajal tes pra musim di Valencia. Hal krusial yang perlu mereka cari tahu sebanyak-banyaknya adalah penggunaan ban  Michelin 17 inci yang akan dipakai musim depan.

Ban Prancis ini menggantikan Bridgestone 16,5 inci yang berakhir masa kontraknya 2015 sejak mereka menjadi pemasok ban tunggal tahun 2009. 

Tes dimulai dua sesi pagi dan siang. Sesi pagi dimulai pukul 10.40 waktu setempat. Beberapa pembalap sudah melakukan run dimulai dari tester Suzuki, Nobuatsu Aoki diikuti Jack Miller, Scott Redding dan Eugene Laverty. Kali ini catatan hasil tes terbuka.

Tito Rabat, Andrea Dovizioso dan kemudian diikuti Marc Marquez. Namun Marc terjatuh di tikungan 3 setelah mencetak waktu tercepat. Meski begitu ia baik-baik saja. Dan beberapa waktu kemudian kembali ke trek.

Tak hanya Marquez, Aleix Espargaro, Pol Espargaro dan Cal Crutchlow juga terjatuh di sesi pertama ini. Akhirnya, waktu tercepat dicetak oleh Marquez, Andrea Iannone, Dani Pedrosa dan Maverick Vinales. 

Marquez sempat mencatat waktu 1:32.077, setengah detik dari saat memakai ban Bridgestone. Waktu ini diperbaiki menjadi 1:31,551.
Sementara itu pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo berada di urutan 11 selisih 0,959 detik dari Marquez. Sedangkan Rossi ke-15 1,450 detik dari Marquez.

Pembalap pabrikan Yamaha menggunakan motor yang dipakai saat balapan lalu dan menggantinya dengan motor untuk musim 2016.
Tes sebelumnya dilakukan di Mugello, Juni. Namun saat itu hanya pembalap dari tim pabrikan yang menjajal. Baik Jorge Lorenzo, Marc Marquez maupun Valentino Rossi semua terjatuh. Membuat tes dibatalkan.


EDITOR

fauzi

Top