Senin,17 Okt 2016 05:05 WIB

Penulis: DAB

Pertamax Turbo di Balap Motor, Bagaimana Performanya?

Foto: DAB

Pertamax Turbo versi kalengan

OTOMOTIFNET - Sejak diluncurkan pada pertengahan Agustus lalu, Pertamax Turbo kini sudah resmi menggantikan posisi Pertamax Plus di kancah balap nasional. Pada kejurnas Motorprix Region 2 yang digelar di sirkuit Gery Mang, Subang, Jawa Barat (16/10) terlihat bahan bakar ini disediakan dalam bentuk kalengan. 

Namun, bagaimana performanya di motor underbone para peserta? "Performa motor memang menjadi lebih bertenaga. Terutama pada gigi atas dan saat memasuki tikungan. Dengan oktan 98  bisa mendapatkan kompresi motor yang lebih tinggi," ujar Sakti Prabowo alias Mletis, mekanik dari tim Sidrap MPM Honda KYT Nissin IRC Trijaya. 

Pun demikian bila digunakan di kancah motor sport. "Waktu per lap menjadi lebih cepat. Kalau saya sih merasakannya ketika keluar tikungan. Jauh lebih berasa performanya," tutur Ahmad Yudhistira dari Kawasaki KYT Manual Tech ketika Kejurnas Supersport 600 dua pekan lalu di sirkuit Sentul. 

Namun ada cerita unik mengenai distribusi bahan bakar ini di Kejurnas Motorprix Subang. Saat sesi latihan, Jumat (14/10), bahan bakar belum tersedia di trek. 

Hingga akhirnya, tiap tim harus membeli Pertamax Turbo di pom bensin terdekat untuk menjalani sesi latihan dan biaya pembelian tersebut diganti oleh pihak penyelenggara lomba. 

Wah, semoga distribusinya lebih optimal lagi ke depannya nih! (otomotifnet.com)

EDITOR

DAB

Top