Senin,4 Jan 2016 17:15 WIB

Penulis: fendi

Reli Dakar: Cuaca Buruk, Jarak Tahapan Kedua Dipangkas

Foto: Bauer E/Rally Zone

Pengendara KTM, Toby Price melintas di jalan raya ketika tahapan pertama hari Minggu ditunda akibat hujan deras

Argentina – Setelah tahapan pembuka digganggu kecelakaan dan tahapan pertama dibatalkan akibat hujan deras, penyelenggara reli Dakar 2016 kini memperpendek jarak tahapan kedua dari Villa Carlos Paz menuju Termas de Rio Hondo, Argentina, Senin (4/1).

Reli terpanjang dan paling sulit di dunia ini benar-benar menghadapi situai sulit di awal perhelatan edisi 2016. Guna menghindari gangguan cuaca lagi, dengan alasan keamanan, diambil keputusan untuk mempersingkat rute tahapan dua.

Sepeda motor yang sedianya menempuh 450 km dari Vila Carlos Paz ke Termas de Rio Hondo, sekarang hanya berkompetisi sejauh 354 km. Sedangkan rute mobil dari 521 km jadi 387 km.

“Tahapan finish di CP (check point) 4,” kara direktur sport reli Dakar, Marc Coma. “Juga ada modifikasi baru di rute di antara kilometer 147 dan 170.

Saat melakukan briefing dengan pengemudi dan pengendara, Coma bersikeras para peserta mesti ekstra hati-hati saat melalui zona penonton, mengingat kejadian di tahapan prologue di mana mobil peserta keluar jalur dan menyeruduk penotonton, mengakibatkan belasan orang cedera.

“Kita harus waspada terhadap penonton,” katanya. “Kami memperkirakan banyak orang di Cordoba. Anda harus ekstra hari-hati di tiga zona penonton,” sambung Coma, juara reli Dakar  lima kali di kategori sepeda motor yang kini punya tugas baru. (otomotifnet.com)

 

EDITOR

fendi

Top