Minggu,10 Jan 2016 01:00 WIB

Penulis: fendi

Reli Dakar: Honda dan KTM Kehilangan Satu Pembalapnya

Foto: HRC

Paulo Goncalves dengan Honda CRF450 Rally andalannya saat menempuh rute di Uyuni, Bolivia

Argentina – Pembalap tim pabrikan Honda, Paulo Goncalves memperlebar jarak keunggulannya dari pengendara KTM di reli Dakar 2016 pada hari Sabtu (9/1) yang mana di etape tujuh ini Honda dan KTM sama-sama kehilangan satu pembalapnya.

Pada etape ketujuh hari Sabtu, para kontestan melintasi perbatasan untuk kembali ke Argentina. Rute yang dijalani start dari Uyuni (Bolivia) dan finish di Salta (Argentina) sejauh 336 km.

Ketika mencapai garis finish, pengendara asal Prancis yang juga mantan juara dunia enduro Antoine Meo mencetak waktu tercepat dan meninggalkan Paulo Goncalves 1 menit 57 detik.

Goncalves yang finish hampir 13 menit di belakang, mendapat hadiah 10 menit 53 detik dari penyelenggara reli karena berhenti untuk menolong Matthias Walkner, rekan setim Meo di KTM.

Walkner yang memulai etape tujuh dengan berada di posisi tiga klasemen keseluruhan, jatuh di awal etape. Tulang pahanya patah dan membuatnya harus mundur dari reli marathon ini.

Reli Dakar 2016 Yamaha Helder Rodrigues
Hasil terbaik pereli tim pabrikan Yamaha, Helder Rodrigues sejauh ini di reli Dakar 2016 yang masuk finish keempat tercepat

Podium tiga diraih Kevin Benavides (Honda), diikuti Helder Rodrigues (Yamaha) dan Toby Price (KTM).

Di klasemen sementara, Goncalves memperlebar jaraknya dari Toby Price. Jika sebelumnya memimpin hanya 35 detik, kini jadi 3 menit 12 detik.

Stefan Svitko (KTM) yang semula di urutan empat, naik ke peringkat tiga karena Walkner mundur dari lomba akibat cedera. Ia terpaut 9 menit di belakang Goncalves.
Sedangkan Meo kini berada di urutan enam, di depan Rodrigues.

Reli Dakar 2016 KTM Antoine Meo
Pendatang baru Antoine Meo yang menunggang KTM, meraih kemenangan pertamanya di reli Dakar

Sementara itu andalan tim Honda, Joan Barreda yang kehilangan 5 jam pada hari Jumat ketika mesin motor yang dikendarainya bermasalah, juga keluar dari lomba. Ia tidak mengikuti start di awal etape ketujuh ini.

Hari Minggu (10/1) seluruh peserta beristirahat di Salta. Mereka akan kembali tancap gas di etape delapan hari Senin, rutenya dari Salta ke arah Belen dengan Honda dan KTM kini sama-sama sudah kehilangan satu pembalapnya, Barreda dan Walkner.

Pereli Honda, Paulo Goncalves akan menghadapi etape delapan di depan tiga pengendara KTM. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top