Kamis,14 Jan 2016 12:00 WIB

Penulis: fendi

Reli Dakar: Hujan Badai Ganggu Peserta di Etape 10

Foto: hindustantimes.com

Pengendara KTM asal Slovakia, Stefan Svitko meraih kemenangan pertamanya di reli Dakar

Argentina – Hujan badai mengganggu perjalanan kontestan reli Dakar 2016 pada etape 10 di Belen menuju La Rioja, Argentina, Rabu (13/1) yang membuat jarak kompetisi dipersingkat. Di sini, pembalap KTM Stefan Svitko meraih kemenangan pertamanya.

Pengendara KTM yang tidak termasuk tim pabrikan, Stefan Svitko meraih kemenangan pertama kalinya di ajang reli Dakar. Hasil ini membuat pembalap asal Slovakia itu memperpendek ketertinggalannya dari pimpinan sementara Toby Price.

Etape 10 ini mengalami pengurangan jarak tempuh yang sedianya 278 km jadi 244 km, akibat hujan badai menjelang akhir etape.

Svitko pun ditetapka sebagai peserta tercepat. Ia meraih kemenangan pertama dalam kariernya di reli Dakar, 2 menit 54 detik dari pembalap Honda yang juga bukan termasuk tim pabrikan, Kevin Benavides.

Reli Dakar 2016 KTM Toby Price
Mencatat waktu ketiga tercepat di etape 10, Toby Price masih mantap di puncak klasemen ksementara

Pembalap pabrikan KTM, Toby Price masuk finish urutan tiga. Sehingga keunggulanya atas Svitko di klasemen yang semula hampir 25 menit, kini jadi 23 menit 12 detik.

Pembalap terbaik tim pabrikan Honda, Paulo Goncalves yang berharap bisa menuntaskan event ini, setelah di etape sebelumnya berhenti akibat radiator motornya bermasalah, finish keempat. Pada klasemen umum menempati peringkat delapan, tertinggal 1 jam 14 menit dari Price.

Reli Dakar 2016 Honda Pulo Goncalves
Tertinggal 1 jam lebih, Paulo Goncalves berusaha menyelesaikan lomba reli Dakar tahun ini

Pablo Quintanilla yang mengendarai Husqvarna, sementara bertengger di undakan keempat klasemen, satu menit di depan pembalap pabrikan KTM Antoine Meo.

Dari tim pabrikan Yamaha, Helder Rodrigues terus masuk finish 10 besar, yang di etape 10 ini mencatat waktu tercepat ketujuh. Posisinya di klasemen ada di urutan enam, terpaut 57 menit 17 detik dari Price.

Reli Dakar 2016 Yamaha Helder Rodrigues
Pembalap Yamaha, Helder Rodrigues melaju dengan latar belakang langit yang mulai mendung

Setelah pada etape sebelumnya jarak tempuh dipangkas akibat panas hingga 45 derajar celsius dan di etape 10 ini dipersingkat karena hujan badai, apa yang akan terjadi pada etape hari Kamis (14/1)? 

Etape 11 nanti rutenya dari La Rioja ke San Juan dengan jarak tempuh 431 km. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top