Rabu,6 Jan 2016 09:45 WIB

Penulis: fendi

Reli Dakar: Kena Penalti, Pengendara Honda Turun Posisi

Foto: Red Bull Content Pool

Joan Barreda gagal menempati posisi terdepan setelah kena penalti akibat melanggar kecepatan di tahapan ketiga

Argentina – Joan Barreda yang memuncaki klasemen sementara setelah menang di tahapan ketiga hari Selasa (5/1), harus turun posisi pada kategori sepeda motor setelah kena penalti.

Tahapan tiga dari Termas de Rio Hondo ke San Salvador de Jujuy di Argentina dimenangkan kan pembalap tim Honda, Joan Barreda. Ia pun menggeser posisi pereli KTM, Toby Price yang memimpin usai tahapan kedua hari Senin.

Namun  Barreda dijerat penalti 1 menit karena ngebut pada bagian jalan yang tidak mencatatkan waktu. Akibatnya ia harus rela menyerahkan posisinya kepada pereli asal Slovakia, Stefan Svitko yang mengendarai KTM tetapi tidak masuk tim pabrikan.

Usai tahapan kedua, Svitko hanya tertinggal 14 detik, sehingga ia pun berhak mengambil alih posisi Barreda. Sementara peserta tuan rumah yang baru ikut reli Dakar dan menunggang Honda, Kevin Benavides ikut terdongkrak ke posisi dua.

Reli Dakar 2016 KTM Stefan Svitko
Stefan Svitko yang tidak termasuk tim pabrikan KTM, mampu menempati posisi terdepan sementara

Pada reli Dakar 2016 ini sejumlah besar peserta melanggar aturan kecepatan yang membuat mereka terkena penalti, 21 pembalap teratas di urutan 30 besar saat ini sudah mendapat tambahan waktu.

Dengan Svitko mengambil alih pimpinan, berarti empat pembalap di belakang hanya beda di bawah 1 menit, Benavides, Barreda, Paulo Goncalves (Honda) dan Alain Duclos (Sherco) dalam menghadapi tahapan empat, Rabu (6/1).

Tahapan keempat di San Salvador de Jujuy merupakan tahapan marathon, berada di daerah pegunungan sejauh 429 km. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top