Jumat,8 Jan 2016 01:30 WIB

Penulis: fendi

Reli Dakar: KTM Lakukan Serangan Balik, Yamaha Ada Kemajuan

Foto: Red Bull Content Pool

Toby Price tidak menyangka bisa memenangkan etape lima, karena rute ini dianggap sulit

Bolivia – KTM melakukan serangan balik dengan menyapu bersih podium di etape kelima hari Kamis (7/1), dari San Salvador de Jujuy di Argentina menuju Uyuni di Bolivia. Sementara pembalap Yamaha mengalami kemajuan di etape ini.

Kalah pada etape 3 dan 4 oleh pembalap tim Honda, di etape kelima ini performa pasukan KTM melonjak. Pembalap tim pabrikan Red Bull KTM, Toby Price yang menang pada tahapan kedua, kembali berada di podium tertinggi.

Para peserta mulai memasuki perbatasan Bolivia ke Uyuni dengan jarah tempuh 327 km. Price mencatat waktu tercepat 4 jam 03 menit 44 detik. Unggul 2 menit 21 detik dari rekan setimnya Antoine Meo, diikuti Stefan Svitko dan Matthias Malkner.

Reli Dakar 2016 Honda Paulo Goncalves
Kalah cepat dari para pembalap KTM, Paulo Goncalves masih berada di puncak klasemen keseluruhan

Pembalap Honda, Joan Barreda yang memenangkan etape tiga dan empat namun kena penalti di dua tahapan itu, tertinggal hampir 6 menit dari Price dengan masuk finish kelima.

Rekan setim Barreda, Paulo Goncalves hanya mampu berada di posisi duabelas. Meski begitu ia tetap memimpin klasemen sementara. Stefan Svitko berhasil menjaga posisi keduanya.

Sementara Price, dengan hasil ini ia menyodok dari posisi tujuh ke urutan tiga klasemen keseluruhan. Menggeser Joan Barreda ke peringkat empat.

Finish kedua, membuat rookie reli Dakar dan mantan juara dunia enduro Antoine Meo membawanya ke peringkat tujuh klasemen.

Reli Dakar 2016 Yamaha Helder Rodrigues
Di antara empat pembalap tim pabrikan Yamaha, Helder Rodrigues menempati peringkat paling baik

Kemajuan dialami pembalap Yamaha lewat Helder Rodrigues yang masuk finish urutan delapan. Ia menjadi pembalap Yamaha terbaik dengan menempati posisi 13.

Laia Sanz, pembalap wanita yang mengendarai KTM yang di etape hari Rabu merelakan waktunya terbuang karena lebih mementingkan menolong peserta lain yang mengalami kecelakaan, waktunya yang hilang itu telah dikembalikan. Sanz masuk urutan 20 dan sekarang menempati posisi 18.

Etape enam (8/1) peserta tetap berada di Uyuni, Bolivia dan akan menjalani kompetisi sejauh 542 km. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top