Sabtu,16 Jan 2016 23:00 WIB

Penulis: fendi

Reli Dakar: Toby Price, Orang Australia Pertama Juara Reli Dakar

Halaman 1 dari 2

Foto: Red Bull Content Pool

Toby Price juara reli Dakar pada penampilannya yang kedua di reli marathon ini

Argentina – Toby Price dinobatkan sebagai juara reli Dakar 2016 kategori sepeda motor usai menuntaskan etape terakhir hari Sabtu (16/1), sekaligus meneruskan dominasi KTM juara Dakar sejak 2001 dan jadi orang Australia pertama juara Dakar.

Toby Price yang baru pertama kali membela tim pabrikan Red Bull KTM, meraih titel reli marathon ini untuk pertama kalinya dan yang ke-15 buat pabrikan motor asal Austria, KTM.

Pada etape 13 dari Villa Carlos Paz ke Rosario di Argentina sejauh 180 km, Price finish di urutan keempat tertinggal 4 menit dari Pablo Quintanilla (Husqvarna) sebagai pemenang. Namun cukup baginya untuk memenangkan event reli Dakar 2016.

Reli Dakar 2016 Husqvarna Pablo Quintanilla
Pembalap tim pabrikan Husqvarna, Pablo Quintanilla melengkapi kemenangan tim pabrikan selain KTM, Honda dan Yamaha

Dalam perjalanannya, Price mulai memegang kendali pimpinan klasemen sejak etape delapan hari Senin (11/1). Ia terus memacu motor KTM 450 Rally untuk menjauhkan jarak dari para pesaingnya.

Laju pembalap asal Australia itu tertolong oleh saingan terdekatnya dari tim pabrikan Honda, Paulo Goncalves yang kehilangan banyak waktu di etape 9 akibat radiator motor CRF450 Rally yang dikendarainya rusak.

Reli Dakar 2016 KTM Stefan Svitko
Pembalap privateer KTM, Stefan Svitko menempati posisi kedua klasemen akhir, prestasi terbaiknya di reli Dakar

Price mendapat gelar juara reli Dakar di tahun kedua keikutsertaannya. Sekaligus menandai pertama kalinya reli Dakar dimenangkan peserta dari Australia dan memberi kemenangan buat pabrikan KTM yang ke-15 kali berturut-turut.

Di klasemen akhir, Price unggul 39 menit 41 detik atas Stefan Svitko, pengendara privateer KTM asal Slovakia yang mencapai prestasi terbaiknya di Dakar dengan menempati peringkat runner-up.

Halaman 1 2

EDITOR

fendi

Top