Sabtu,16 Jan 2016 03:30 WIB

Penulis: fendi

Reli Dakar: Yamaha Akhirnya Bisa Menang

Foto: Yamaha Racing

Helder Rodrigues memberi kemenangan buat Yamaha setelah terakhir menang reli Dakar pada 2014

Argentina – Pembalap tim pabrikan Yamaha akhirnya bisa memenangkan etape reli Dakar 2016 lewat Helder Rodrigues yang mencatat waktu tercepat di etape 12, San Juan – Villa Carlos Paz, Argentina, Jumat (15/1).

Pada etape 12 para pengendara sepeda motor menempuh jarak 481 km. Rute terpanjang di Dakar tahun ini. Sudah 11 etape berlalu, pembalap KTM dan Honda berbagi kemenangan. Yamaha akhirnya dapat bagian setelah Rodrigues mendominasi etape 12.

Motor Yamaha terakhir kali menang etape reli Dakar pada 2014, ketika itu Cyril Despres naik podium tertinggi tiga kali. Sedangkan Rodrigues terakhir menang etape tahun lalu ketika masih menunggang Honda.

Reli Dakar 2016 Yamaha Helder Rodrigues
Menyisakan satu etape, Helder Rodrigues kini menempati peringkat empat klasemen keseluruhan

Di etape 12 ini Rodrigues mengambil alih catatan waktu tercepat di pertengahan lomba, yang sebelumnya dipegang oleh pembalap Husqvarna Pablo Quintanilla.

Laju Quintanilla yang mengendur dimanfaatkan Toby Price yang kemudian jadi lawan terdekat Rodrigues. Price akhirnya masuk finish kedua, tertinggal 7 menit dari Rodrigues.

Pembalap tuan rumah yang mengendarai Honda, Kevin Bonavides mengisi podium ketiga, diikuti Stefan Svitko (KTM) dan Adrein van Beveren (Honda) di urutan empat dan lima.

Berkat keberhasilan Price naik podium kedua, pembalap asal Australia itu kian mendekati gelar juara Dakar 2016. Tinggal satu etape lagi, Price sementara unggul 37 menit lebih dari peringkat dua di klasemen, Svitko.

Reli Dakar 2016 KTM Toby Price
Pengendara tim pabrikan KTM, Toby Price tinggal selangkah lagi untuk keluar sebagai juara reli Dakar 2016

Quintanilla yang finish di urutan enam etape 12, mampu menggeser posisi Anoine Meo (KTM) di urutan tiga klasemen. Karena Meo sempat berhenti sekitar 10 menit.

Rodrigues yang tahun ini kembali membela Yamaha lagi dan memberi kemenangan, kini berada di undakan keempat klasemen. Hasil yang bagus, mengingat tahun lalu Yamaha berada di urutan 10 klasemen akhir.

Reli Dakar 2016 akan mengakhiri kegiatannya hari Sabtu (16/1), yaitu etape 13 dari Villa Carlos Paz menuju Rosario dengan jarak tempuh pendek, 180 km. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top