Selasa,24 Nov 2015 18:45 WIB

Penulis: fendi

Uji Coba WSBK, Jerez

Tes Pramusin Balap Superbike Dunia Sudah Dimulai di Jerez

  • Foto: WorldSBK.com

    Tom Sykes mencoba motor baru Kawasaki ZX-10R sekaligus melakukan simulasi lomba

  • Foto: WorldSBK.com

    Marco Melandri pertama kali mencoba MV Agusta

  • Foto: WorldSBK.com

    Juara dunia WSBK 2015 Jonathan Rea sangat percaya diri pada motor barunya

  • Foto: WorldSBK.com

    Jordi Torres kini membela tim Althea Racing yang didukung BMW Motorrad Motorsport

Jerez – Uji coba pramusim kejuaraan dunia superbike (WSBK) 2016 dimulai di sirkuit Jerez, Spanyol, Senin (23/11) diikuti tim juara dunia Kawasaki, tim formasi baru Althea BMW, Marco Melandri yang menggeber dan MV Agusta.

Tim juara dunia 2015 Kawasaki bersama kedua pembalapnya, Jonathan Rea (juara dunia 2015) dan Tom Sykes yang menduduki peringkat tiga, melanjutkan program tes musim dingin mereka.

Kawasaki menurunkan motor baru ZX-10R. Rea pernah berkomentar mengenai motor anyar itu. “Jika saya harus balapan besok, kami bisa,” kata Rea yang percaya diri pada motor anyar itu.

Namun yang menjadi pusat perhatian adalah tim Althea Racing dengan formasi baru. Jika tahun ini pakai motor Ducati, tahun depan tim bermarkas di Italia itu menggunakan BMW. Nama timnya jadi Althea BMW Racing Team.

Susunan pembalapnya pun baru, Jordi Torres (mantan pembalap tim Aprilia) dan Markus Reiterberger yang akan pertama kali menjalani kompetisi penuh di WSBK di 2016.

Di kubu MV Agusta Reparto Corse, mereka baru menggaet Marco Melandri. Pembalap asal Italia ini didepak dari tim Aprilia MotoGP di pertengahan musim ini.

Uji coba pramusim berlangsung mulai pukul 10 pagi waktu setempat, namun para pembalap baru mulai keluar satu jam kemudian hingga selesai pukul 6 sore.

Rea dan Sykes yang baru saja tampil di pameran motor ECIMA di Milan, Italia bersama pabrikan Kawasaki, menjalani uji coba dengan program mengevaluasi sokbreker depan, elektronik dan rem, termasuk simulasi lomba. Rea sudah menggunakan rem Nissin (biasanya Brembo) pada uji coba terakhir di Aragon.

Dari kubu Althea yang kali ini pakai motor BMW, mereka melakukan adaptasi dengan pembalap barunya, Jordi Torres dan Markus Reiterberger.

Sementara bagi MV Agusta Reparto Corse, ini pekan penting karena uji coba pertama sejak mulai berkolaborasi dengan Giovanni Cuzari dari perusahaan Forward Racing.

Tim menitikberatkan pada pengembangan girboks dan elektronik depan, meskipun penambahan paling signifikan adalah tangki bahan bakar yang sama sekali baru yang sangat mempengaruhi distribusi berat motor RR F4.

Ini tes pertama bagi pemenang 19 kali balap WSBK, Marco Melandri bersama MV Agusta, meskipun tidak ada catatan berapa waktu yang dihasilkan karena motor ini tidak dilengkapi transponder. Rekan setimnya, Leon Camier segera bergabung.

Tim lain akan menyusul melakukan uji coba di pekan ini di Jerez. (otomotifnet.com)

Hasil Uji Coba Senin (23/11)
1- Jonathan Rea / Kawasaki ZX-10R: 1’40.826 / 62 lap
2- Tom Sykes / Kawasaki ZX-10R: 1’40.899 / 60 lap
3- Markus Reiterberger/ BMW S1000 RR: 1’42.039 / 54 lap
4- Jordi Torres / BMW S1000 RR: 1’42.101 / 80 lap
- Marco Melandri / MV Agusta F4 RR / tidak ada data

 

EDITOR

fendi

Top