Senin,29 Feb 2016 05:15 WIB

Penulis: DAB

Profil Michael van der Mark

WSBK: Siapa Dia Berjuluk The Flying Dutchman?

  • Foto: Honda WorldSBK

    Michael van der Mark menjadi andalan tim Honda pabrikan bertandem dengan Nicky Hayden

  • Foto: Honda WorldSBK

    Michael van der Mark meraih podium ganda di WSBK Seri 1 membuatnya dijuluki The Flying Dutchman

  • Foto: Honda WorldSBK

    Performa The Flying Dutchman bisa terus meningkat di seri-seri berikutnya

PHILLIP ISLAND - WSBK Seri 1 di Phillip Island (27-28/2) jadi milik Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team). Eits, ternyata joki asal negeri Kincir Angin yang namanya Michael van der Mark. Siapakah dia?

Musim ini menjadi tahun keduanya berkiprah di kejuaraan dunia superbike (WSBK) bersama tim Honda. Musim lalu menjadi tahun pembelajaran bagi Michael vd Mark.Patut dicatat negeri Kincir Angin alias Belanda tidak memiliki historis atau kedekatan dengan pentas WSBK. Tidak seperti negara Amerika Serikat, Inggris, Australia dan Italia.

Tahun ini tampaknya Michael van der Mark ingin membuat pengecualian. Dia ingin negeri asalnya, Belanda, dikenal di ajang WSBK. Cara yang dilakukan van der Mark adalah mendongkrak performanya musim in dengan memburu podium di setiap race-nya. Terbukti di WSBK Seri 1 di sirkuit Phillip Island, The Flying Dutchman julukan bagi Michael vd Mark mulai merintisnya dengan dibuktikan meraup podium 3 (race 1) dan runner-u di race kedua.

"Balapan pembuka musim yang cukup menegangkan. Saya pikir bisa berduel hingga lap terkakhir, namun ban depan yang mulai abrasi membuat saya tidak bisa memaksa terlalu keras," terang Michael van der Mark soal race pertama.

Di dua lap terakhir, van der Mark mencoba tetap dekat dengan kedua rivalnya, Jonathan Rea & Chaz Davies, namun jaraknya tidak berkurang sama sekali. Meski demikian, ia merasa berhasil perbaiki performanya di Phillip Island.

"Sempat optimis bisa mendahului keduanya (Rea dan Davies), namun jarak tidak berkurang. Jujur, Phillip Island bukan sirkuit favorit saya, cukup sulit menemukan daya cengkeram ban dan setelan yang pas. Podium tiga merupakan hasil yang cukup baik dari semua kerja keras sejak tes awal pekan ini," imbuh Michael vd Mark.

THE FLYING DUTCHMAN

Tak salah bila pembalap Belanda ini dijuluki The Flying Dutchman. Terbukti di race kedua, Michael vd Mark, berhasil memperbaiki hasil race 1 meraih podium tiga menjadi runner-up di race kedua.

Meskipun Michael vd Mark mengakui bila performa di race kedua pun secara target paling mentok meraih podium ketiga.

"Namun semua berubah karena Davies melakukan kesalahan dan terjatuh di lap terakhir. Sempat coba mengambil posisi Rea namun tidak memungkinkan. Kupikir hasil seri ini secara pribadi sudah lebih dari target yang dicanangkan," ujar Michael vd Mark.

Memang benar bila performa pembalap Belanda di WSBK seri 1, Phillip Island itu sudah sebuah prestasi. Apalagi rival yang dihadapinya pembalap WSBK berpengalaman sekaliber Jonathan Rea dan Chaz Davies.

Namun menilik kiprah pembalap Belanda di WSBK sebagai pembalap reguler. Jelas bila van der Mark sudah lebih baik dari pendahulunya, yaitu Jeffrey de Vries yang berkiprah sebagai pembalap reguler di WSBK musim 1990-1994 dengan prestasi terbaik masuk 12 besar peringkat dunia.

Selang dua kemudian muncul Michael van der Mark yang berkiprah di WSBK yang di musim 2016 ini berhasil meraup podium ganda di WSBK seri 1 Phillip Island.

Tentu saja van der Mark berambisi untuk bisa mempertahankan performa di seri-seri berikutna dengan langganan meraih podium dan bahkan juga mengincar puncak podium. Selamat buat pencapaian The Flying Dutchman di WSBK Seri 1. Semoga di seri-seri berikutnya mampu meraih hasil lebih baik lagi. (otomotifnet.com)

KIPRAH PEMBALAP REGULER ASAL BELANDA DI WSBK
2016    Michael vd Mark
2015    Michael vd Mark
1995-2014    Tidak ada (Kalau pun ada jadi wild card di WSBK Assen)
1994    Jeffrey de Vries (P40, 9 poin)
1993    Jeffrey de Vries (P14, 64,5 poin)
1992    Jeffrey de Vries (P19, 31 poin)
1991    Jeffrey de Vries (P12, 66 poin)
1990    Jeffrey de Vries (P25, 24 poin)
1989    Tidak ada
1988    Tidak ada

PROFIL MICHAEL VAN DER MARK
Nama lengkap: Michael van der Mark
Nama panggilan: Micheal
Tempat/tanggal lahir: Gouda (Belanda), 26 Oktober 1992
Postur: 175 cm
Bobot: 54 kg
Nomor start: 60
KARIER
2016
    Honda WorldSBK Team
2015    Peringkat 7 World SBK (Honda)

EDITOR

JLM

Top