Selasa,24 Nov 2015 21:45 WIB

Penulis: fendi

Xavi Fores Tampil Penuh di Balap Superbike Dunia 2016

  • Foto: WorldSBK.com

    Setelah 15 kali jadi pembalap pengganti, Xavi Fores balap permanen di WSBK 2016

  • Foto: WorldSBK.com

    Xavi Fores beraksi di WSBK Belanda saat menggantikan pembalap tim pabrikan Ducati

  • Foto: WorldSBK.com

    Xavi Fores (kanan) bersama manajer tim Barni Racing, Marco Barnabo di pameran motor EICMA, Italia

Eropa – Setelah hanya tampil sebagai pembalap pengganti di kejuaraan dunia superbike (WSBK) selama 2011-2015, Xavi Fores akhirnya menjadi pembalap WSBK permanen ketika tim Barni Racing mengumumkan namanya untuk mengendarai Ducati tahun depan.

Xavi Fores sudah 15 kali balapan di WSBK dalam kurun waktu lima tahun. Di 2015 ia beraksi di tiga ronde (6 balapan), menggantikan pembalap tim pabrikan Ducati, Davide Giugliano yang cedera, finish terbaik urutan lima di Aragon, Spanyol.

Tahun depan pembalap Spanyol itu akan berkompetisi di WSBK secara permanen di tim Barni Racing. Tim satelit Ducati yang menggunakan Ducati Panigale R.

Tim ini hanya menerjunkan satu pembalap. Musim 2015 diperkuat Leandro Mercado asal Argentina yang menempati posisi delapan klasemen akhir.

“Saya sangat senang dengan kesempatan ini, berada di kejuaraan dunia superbike musim depan, terutama karena saya telah bekerja begitu keras bersama Ducati,” kata Fores.

“Motornya (yang nanti akan dikendarai) kurang lebih sama dengan yang dipakai Giugliano dan (Chaz) Davies (pembalap tim parikan Aruba.it-Racing Ducati), jadi bagi saya itu adalah kesempatan yang sangat baik,” jelas pembalap berusia 30 tahun.

“Saya akan jadi satu-satunya pembalap. Itu hal yang baik bagi saya, karena itu berarti semua materi, semua mekanik dan tim akan bekerja hanya dengan saya. Itu penting untuk melakukan pekerjaan yang sangat baik,” lanjut Fores.

Fores memiliki karier gemilang. Juara CEV Stock Extreme Championship pada 2010 dan 2013, European Superstock 1000 Championship 2013 dan kejuaraan Superbike Jerman pada 2014. Pernah ikut beberapa seri GP 125 cc dan Moto2 serta berkompetisi di Supersport.

Mulai ikut WSBK pada 2011 di Imola, Italia mengendarai BMW. Terakhir ia menunggang Ducati Panigale membela tim Aruba.it-Racing Ducati dengan hasil terbak finish kelima di Aragon. 

Semoga karier Fores tambah bersinar setelah menjadi pembalap permanen di WSBK. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top