Kamis,15 Sept 2016 22:45 WIB

Penulis: fendi

Jelang F1 Seri 15, Singapura

Data dan Fakta GP Singapura: 8 Tahun 3 Pembalap

Halaman 1 dari 2

Foto: badgergp.com

Kecelakaan Nelson Piquet Jr. pada GP Singapura 2008 yang direncanakan, membuat tim Renault dan para petinggi tim dicekal dari balap F1

Singapura – GP Singapura yang memasuki perhelatan tahun kesembilan akhir pekan ini, baru dimenangkan oleh tiga pembalap. Berikut data dan fakta lain mengenai sirkuit jalan raya Marina Bay ini.

Dalam delapan tahun sejak bergabung jadi tuan rumah balap F1 pada 2008, setiap lomba terganggu dengan masuknya safety car. Paling terkenal tahun 2008, ketika Nelson Piquet Jr. kecelakaan yang pada akhirnya setelah dilakukan investigasi, ternyata itu disengaja.

Saat itu balapan pertama GP Singapura dimenangkan pembalap tim Renault Fernando Alonso. Ketika Piquet Jr. kecelakaan di lap 14 itu, semua pembalap barisan depan masuk pit. Alonso yang masuk pit sebelum insiden itu, memimpin lomba sampai finish.

Ini jadi skandal besar. Setelah di pertengahan musim 2009 terungkap kasus ‘crashgate’ ini. Tim Renault didiskualifikasi dua tahun dari balap F1, Piquet dipecat, para petinggi tim Renault dicekal aktivitasnya di F1.

Nah, akibat sering adanya safety car, setiap tahun baapan di sini kerap mencapai atas waktu maksimum lomba selama dua jam. Paling cepat terjadi pada 2009 dengan durasi lomba 1 jam 56 menit 06,337 detik.

Seperti balapan di sirkuit jalan raya pada umumnya, posisi start sangat penting. Sekitar 75% yang menempati start dari pole position di Singapura, keluar sebagai pemenang.

Tahun lalu tim Mercedes berjuang keras ketika tidak dapat menghasilkan suhu ban yang cukup. Lewis Hamilton dan Nico Rosberg yang bertarung dalam perebutan gelar, hanya berada di posisi kelima dan keenam dalam kualifikasi.

Halaman 1 2

EDITOR

fendi

Top