Kamis,6 Okt 2016 22:45 WIB

Penulis: fendi

Jelang F1 Seri 17, Jepang

Dihukum Mundur 3 Posisi, Sebastian Vettel Membela Diri

Halaman 1 dari 2

Foto: Fendi/screen capture Fox Sports

Mobil rusak dan tersingkir dari balapan GP Malaysia, itu risiko yang didapat Sebastian Vettel dari aksinya yang dianggap agresif

Suzuka – Sebastian Vettel dihukum mundur tiga posisi untuk balapan di Suzuka, Jepang akhir pekan ini atas aksi agresifnya menabrak Nico Rosberg di GP Malaysia (2/10). Pembalap Ferrari itu pun membela diri.

Balapan di sirkuit Sepang pekan lalu diawali insiden bentrokan ketika Nico Rosberg (Mercedes), Max Verstappen (Red Bull) dan Sebastian Vettel masuk berbarengan di tikungan pertama. Saat itu Lewis Hamilton (Mercedes) sudah di depan.

Vettel menyodok dari bagian dalam. Verstappen yang melihat pergerakan Vettel dari kaca spion mobilnya, mengerem untuk menghindari bentrokan.

F1 2016 Malaysia Sepang  Ferrari Sebastian Vettel
Adegan sebelum mobil Sebastian Vettel, yang menyodok dari bagian dalam, menabrak mobil Nico Rosberg (kiri)

Malang bagi Rosberg yang posisinya paling depan di sisi kiri. Bagian belakang mobilnya ditabrak Vettel. Rosberg melintir di tengah trek. Beruntung tidak disenggol pembalap lain di barisan belakang yang juga sedang berebut posisi.

Rosberg harus menunggu kondisi trek aman, untuk bisa lanjut dan berada di posisi belakang. Beruntung ia masih dapat finish untuk naik tangga podium ketiga. Vettel sendiri, suspensi depan kiri mobilnya patah dan balapannya pun berakhir.

F1 2016 Malaysia Sepang  Ferrari Sebastian Vettel
Setelah menabrak Nico Rosberg, mobil Sebastian Vettel rusak. Max Verstappen (kiri depan) lolos dari bentrokan di tikungan pertama sirkuit Sepang

Atas askinya itu, Vettel dikenai hukuman mundur tiga posisi start di balapan berikutnya, GP Jepang. Juga mendapat dua penalti point.

Menjelang GP Jepang, Sebastian juara dunia empat kali itu percaya tabrakannya dengan Nico Rosberg ditafsir berlebihan, setelah ia menerima penalti.

Halaman 1 2

EDITOR

fendi

Top