Minggu,6 Sept 2015 23:03 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

F1 : Drama Tim Mercedes Di GP Italia

Foto: Fendi

F1 : Drama Tim Mercedes Di GP Italia



Monza – Lewis Hamilton mengoleksi kemenangan ke-40 dalam kariernya di balap F1 meskipun kemenangannya di GP Italia hari Minggu (6/9), meskipun terjadi drama menjelang akhir lomba setelah rekan setimnya Nico Rosberg berhenti.

Juara dunia bertahan Lewis Hamilton yang start dari pole position langsung memimpin setelah start. Diikuti Sebastian Vettel yang start dari tempat ketiga.

Sementara Kimi Raikkonen gagal memanfaatkan start dari urutan kedua setelah ia tetap di posisinya. Akibatnya ia tercecer di urutan paling belakang. Nico Rosberg melorot ke posisi enam dari semula urutan empat.

Lewis Hamilton mendominasi balapan, tetapi ketika balapan tinggal beberapa lap lagi, ia diberi tahu oleh timnya untuk tancap gas tanpa dikasih tahu apa alasannya melakukan itu.

Pembalap Inggris itu melakukan apa yang diperintahkan, untuk mencapai garis finish lebih dari 25 detik atas pembalap Ferrari, Sebastian Vettel.

Setelah balapan, tim Mercedes menghadap pengawas lomba, untuk menjelaskan tekanan ban mobil pembalapnya berada di bawah yang ditentukan Pirelli, 19,5 psi di garis start sebelum lomba.

Sementara itu drama lain juga dialami tim Mercedes. Akibat mesin mobilnya meleduk, Nico Rosberg harus berhenti dua lap sebelum balapan selesai. Padahal saat itu ia berada di urutan ketiga dan tengah menempel Sebastian vettel.

Pertama kalinya di musim ini Mercedes gagal finish akibat masalah mekanis, setelah Rosberg menggunakan mesin lama, telah menjalani enam balapan, akibat bermasalah dengan mesin versi upgrade-nya.

Hasil ini membuat Hamilton memimpin 53 point dari Rosberg dengan tujuh balapan tersisa. Podium tiga ditempati pembalap Williams, Felipe Massa setelah memenangkan pertarungan dengan rekan setimnya, Valtteri Bottas.

Tempat kelima dimiliki Kimi Raikkonen yang dengan gigih memulihkan posisinya setelah berada di urutan paling belakang. Tim Force India yang tampil menggunakan mobil spek B, menuai hasil bagus dengan membawa Sergio Perez ke urutan 6 dan Nico Hulkenberg di posisi 7.

Pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo yang start dari posisi 19 setelah kena penalti mundur 25 posisi start, masuk finish urutan 8. Rekan setimnya, Daniil Kvyat mendapat point terakhir dengan finish di posisi 10.

Pembalap Sauber, Marcus Ericsson mencetak point untuk tiga balapannya terturut-turut dengan menempati posisi 9. (otosport.otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top