Senin,21 Sept 2015 23:45 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

F1 : Jenson Button Akan Umumkan Dirinya Pensiun Di GP Jepang

Foto: Jenson Button facebook

F1 : Jenson Button Akan Umumkan Dirinya Pensiun Di GP Jepang


Singapura – Usai balapan di GP Singapura, pembalap tim McLaren, Jenson Button dikabarkan tengah mempersiapkan untuk mengumumkan keputusannya mengakhiri karier balapnya di F1 selama 16 tahun.

Opsi kontrak Jenson Button di McLaren berakhir di pengujung September ini. Sebelumnya muncul rumor mengenai gaji pembalap Inggris berusia 35 tahun itu yang dinilai tim terlalu tinggi, namun Button akan mengambil keputusan sendiri.

Button memiliki kontrak dua tahun plus satu opsi dengan tim bermarkas di Woking, Inggris itu. Sekarang sedang menyelesaikan tahun keduanya dengan tahun ketiga sebagai opsional bagi kedua belah pihak. McLaren bisa menghentikan balapan Button kapan saja.

Negosiasi dengan McLaren belum ada perkembangan meskipun sudah dilakukan pembicaraan panjang dengan Ron Dennis, pimpinan Group McLaren, pada hari Minggu (20/9) sebelum dimulainya balapan GP Singapura.

Ketika diwawancarai TV Sky di garis start, Ron Dennis tidak bisa memberi jaminan bahwa Button akan tetap di McLaren.

Media-media Inggris ramai membicarakan masa depan Button. “Dia telah memutuskan akan mundur setelah musim ini dengan mobil yang tidak kompetitif,” tulis Daniel Johnson, koresponden Telegraph.

Pembicaraan dengan Ron Dennis gagal, Button siap akhiri karier F1-nya

Dilaporkan, juara dunia 2009 itu telah memilih GP Jepang akhir pekan ini sebagai waktu pengumuman masa depannya di F1. Sebelum balapan di GP Singapura, Button sudah menegaskan, jika tahun depan tidak lagi di McLaren ia tidak akan balapan F1.

Button mengaku sangat mencintai tim yang telah dibelanya selama enam tahun itu. Kevin Eason menulis di Times, bahwa petinggi McLaren, Ron Dennis ingin Button tetap berada di tim sampai 2016, tetapi ia akan menerima keputusan dari pembalapnya.

Ia telah dikaitkan dengan balap ketahanan Le Mans bersama Porsche serta menjadi pembawa acara di siaran TV, seperti komentator F1 atau presenter Top Gear pada program BBC.

Memulai debut F1 di GP Australia tahun 2000 bersama tim Williams BMW, sejauh ini Button sudah menjalani 278 balapan termasuk juga dengan tim Benetton, Renault, BAR, Honda, Brawn GP dan sekarang di McLaren. 

Jika Button tak lagi di McLaren, posisinya akan digantikan pembalap cadangan Kevin Magnussen, atau tim McLaren junior yang mendominasi balapan GP2, Stoffel Vandoorne.

Ronde keempatbelas GP Jepamg di sirkuit Suzuka akhir pekan ini, akan jadi momen penting bagi Button yang memiliki istri orang Jepang, Jessica Michibata. (otosport.otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top