Minggu,27 Sept 2015 16:37 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

F1 : Mercedes Strikes Back, Ferrari Kalah Pit Stop

Foto: @FansOfSebVettel

F1 : Mercedes Strikes Back, Ferrari Kalah Pit Stop


Suzuka – Gagal bersinar pada GP Singapura pekan lalu, tim Mercedes kembali melakukan serangan di GP Jepang, Minggu (27/9) dengan kembali menempatkan kedua pembalapnya bediri di podium 1-2.

Di Singapura, pembalap Mercedes pertama kali di musim ini tidak meraih pole position. Saat lomba, Lewis Hamilton gagal finish dan Nico Rosberg masuk urutan keempat.

Pada putaran keempatbeas di GP Jepang, tim Mercedes kembali menunjukkan kekuatannya. Menguasai kualifikasi 1-2 dan naik podium 1-2.

Jalannya lomba selama 53 lap di sirkuit Suzuka ini tidaklah menegangkan, namun juga tidak membosankan. Nico Rosberg yang start dari pole position, gagal mempertahankan posisinya di tikungan pertama setelah disalip Lewis Hamilton.

Di saat bersamaan, Sebastian Vettel yang start dari posisi lima menyalip Valtteri Bottas. Kemudian Vettel dan Bottas menyalip Rosberg lepas tikungan pertama.

Posisi awal, Hamilton memimpin diikuti Vettel, Bottas, Rosberg dan Kimi Raikkonen di lima besar. Hamilton jauh meninggalkan Vettel sampai 7 detik lebih di lap 12. Dari lima pembalap terdepan menjalani strategi pemakaian ban berbeda.

Bottas duluan masuk pit, tetap pakai ban kompon medium. Vettel masuk pit lap 14, ganti dari medium ke keras. Hal sama diikuti Kimi satu lap kemudian. Rosberg juga ganti ban keras di lap 16. Sementara Hamilton yang masuk pit di lap 17, tetap pakai medium.

Rosberg menyalip Bottas di lap 18 menempati posisi ketiga. Jarak Hamilton dan Vettel kian jauh, sampai 11,4 detik di lap 23. Lap 29 Kimi jalani pit stop kedua tetap pakai ban keras. Lap berikutnya, Rosberg tetap ban keras dan Bottas ganti ban keras.

Kalah cepat waktu pit stop, Vettel gagal pertahankan posisi kedua

Lap 31 jadi malapetaka bagi Vettel, setelah masuk pit tetap dengan ban keras, begitu kembali ke lintasan tepat berada di belakang Rosberg. Waktu pit stop Vettel kalah cepat dengan Rosberg.

Hamiton yang ganti ban kompon keras di lap 32, tidak terkejar hingga bendera finish dikibarkan di lap 53. Tangga podium Suzuka diisi pembalap seperti tahun lalu. Seperti di 2014 juga, Hamilton kalahkan Rosberg yang start dari pole position.

Hamilton raih kemenangan kedelapan musim ini, ke-41 selama kareirnya di F1 dan menyamai kemenangan Ayrton Senna. “Saya sangat senang. Tim bekerja fantastis sepanjang akhir pekan. Saya melakukan start bagus,” kata Hamilton usai lomba.

Sementara Vettel mengakui, "Mereka sangat sulit untuk mengalahkan." Ya, Mercedes strikes back. (otosport.otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top