Jumat,18 Sept 2015 10:11 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

F1 : Rossi Pilih Nomor 53 Pada Balapan Pertama Di F1 Singapura

Foto: Alexander Rossi

F1 : Rossi Pilih Nomor 53 Pada Balapan Pertama Di F1 Singapura


Singapura – Balap jet darat kedatangan muka baru di GP Singapura akhir pekan ini, yaitu Alexander Rossi yang membela tim Manor dan ia memilih nomor 53 sebagai nomor permanen di mobilnya.

Alezander Rossi yang kini menduduki peringkat dua klasemen balap GP2, memulai debutnya di balap F1 pada GP Singapura di tim Manor. Ia menggantikan Roberti Merhi untuk lima balapan kedepan (Sampai GP Meksiko).

Pembalap berusia 23 tahun kelahiran Nevada, California, Amerika itu sudah berpengalaman dengan kokpit mobil F1. Ia pernah mencoba mobil BMW Sauber pada 2009, yang membuatnya mendapat surat izin mengemudikan mobil F1 dari FIA.

Kemudian ia jadi test driver tim Caterham pada 2012. Di GP Spanyol, Rossi mengendarai mobil Heikki Kovalainen pada sesi latihan pertama dan jadi pembalap Amerika pertama yang menggeber mobil F1 (di akhir pekan balapan) sejak Scott Speed di 2007.

Setahun kemudian di GP Kanada ia juga turun di latihan pertama dan kesempatan serupa dialami pada 2014. Pertengahan 2014 ia mundur dari Caterham dan direkrut tim Manor sebagai pembalap cadangan.

Pada Agustus 2014, ia hampir balapan di GP Belgia menggantikan Max Chilton. Namun batal. Kemudian di GP Rusia untuk menggantikan Jules Bianchi, lagi-lagi urung terlaksana.

Akhirnya tim Manor benar-benar memberi kepercayaan pada Alexander Rossi untuk berada di kokpit mobil mereka dalam balapan sesungguhnya, mulai GP Singapura. Ia pun sudah memilih nomor 53 untuk mobilnya.

“Sebenarnya saya memilih nomor 16. Itu nomor yang saya gunakan di balapan gokart,” katanya kepada Speedweek. “Namun ternyata itu nomor pembalap cadangan tim Red Bull. Jadi saya memilih 53 karena bisa membuat logo keren dengan itu,” ujar Rossi.

Nomor 53 mengingatkan film seri Herbie produksi Walt Disney yang ada di mobil VW Kodok. Apalah Rossi membayar kepada Disney? Rossi bilang tidak.

Dia malah cerita keputusan Manor merekrut dirinya terjadi sangat cepat. Yaitu setelah balapan di Monza, Italia, dua pekan lalu.

“Saya tidak merasa seperti pendatang baru  di tim, karena kami sudah bersama sejak 2014. Sejak itu kami tidak pernah putus hubungan, tetapi jujur saya tidak berharap untuk jadi pembalap F1 tahun ini,” katanya.

Alexander Rossi juga telah negosiasi dengan Gene Haas, pemilik tim Haas F1 untuk balapan di 2016. Semoga debut pedananya menuai hasil bagus. Rossi akan beraksi di trek jalan raya Marina Bay, pada latihan bebas pertama hari ini, Jumat (18/9). (otosport.otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top