Selasa,4 Okt 2016 16:02 WIB

Penulis: toncil

F1 Seri 16, Malaysia

Ferrari Semakin Kerja Keras Pertahankan Posisi

Foto: Ferrari

Akibat insiden dengan Nico Rosberg, Kimi Raikkonen harus melupakan podium

Sepang – Akibat insiden dengan Nico Rosberg, Kimi Raikkonen kehilangan performa dan podium. Ini juga memberatkan tim Ferrari. 

Nico Rosberg dari tim Mercedes dan Kimi Raikkonen dari Ferrari terlibat insiden pada lap ke-38. 

Akibatnya, “Kimi kehilangan sebagian komponen pada lantai mobil dan juga sayap depan. Menurut perhitungan dengan tim, dia bisa kehilangan lebih kurang 10 point tingkat downforce. Jadi memang mustahil untuk dia (menggapai podium) pada situasi ini,” sebut Maurizio Arrivabene, bos tim Ferrari. 

Menurut Arrivabene, dengan kondisi demikian, tidak mungkin bagi tim untuk memberikan tenaga. 

Namun, diakui oleh tim kalau pembalap asal Finlandia tersebut tetap menjadi pembalap yang tangguh. Dalam kondisi demikian, masih mampu memberikan mencetak waktu yang bagus. 

“Kami juga melakukan sebaik mungkin dari pit. Kami sebagai tim tetap agresif demikian juga yang lain,” tambahnya. 

Atas kejadian tersebut, Rosberg memang dikenakan penalti sebesar 10 detik. Namun, pembalap Jerman tersebut dapat terus membalap dengan baik dan memperkecil ketertinggalan untuk mengamankan point dan podium. Dengan waktu 3 detik lebih cepat dibanding Raikkonen. 

Sementara itu, di seri Malaysia ini, tim kuda jingkrak hanya memperoleh 12 point hasil finish Raikkonen. Tidak ada tambahan point dari Sebastian Vettel karena berhenti saat lap awal. 

Dengan demikian, perolehan point konstruktor Ferrari tertinggal 46 angka dari Red Bull. Ferrari di posisi tiga dengan point 313 dan Red Bull di posisi dua dengan point 359. 

Pertarungan posisi 2 konstruktor antara Red Bull dengan Ferrari akan sangat menarik. Dengan masih ada 5 seri, seluruh peluang masih terbuka lebar. 

“Memang (perjuangan) keras, tapi kami akan usaha sangat baik,” ungkapnya. 

Pada sisa lima seri, pertarungan Red Bull dan Ferrari akan sangat menarik. (otomotifnet.com)

 

EDITOR

toncil

Top