Jumat,17 Juni 2016 18:30 WIB

Penulis: JLM

F1 Seri 8 Eropa, Azerbaijan

Hasil Latihan Bebas Pertama: Lewis Hamilton Terkencang, Rio Haryanto Masih Adaptasi

  • Foto: Formula1.com

    Hasil latihan bebas pertama menempatkan Lewis Hamilton paling cepat. Rio Haryanto di posisi ke-22

  • Foto: Formula1.com

    Rio Haryanto masih beradaptasi dengan sirkuit Baku yang baru pertama kalinya menggelar F1

  • Foto: Formula1.com

    Daniel Ricciardo mengalami insiden menabrak dinding pembatas. Insiden itu sempat membuat latihan bebas pertama dikibarkan bendera merah

BAKU - Lewis Hamilton menunjukkan tren bagus di F1 musim ini. Dia membuktikan dengan menjadi tercepat di sesi latihan bebas pertama (FP1) F1 Eropa di trek Baku, Azerbaijan (17/7).

Tampil di trek yang baru bagi seluruh kontestan, Lewis Hamilton memang pembalap dengan kemampuan adaptasi yang bagus dari 20 kali mengitari trek dengan jarak 6.003 km itu membukukan 1:46,435 yang dibuntuti Nico Rosberg sebagai runner-up dengan waktu 1:46,812 dan Valtteri Bottas berada sebagai tercepat ketiga dengan waktu 1:47,096.

Di sesi latihan bebas pertama ini sempat dihentikan saat Daniel Ricciardo menghantam pagar pembatas yang membuat mobilnya tak dapat melanjutkan sesi latihan.

Daniel Ricciardo sendiri menorehkan waktu 1:49,778 berada di peringkat 13 tercepat.

Sementara penampilan pembalap F1 pertama dari Indonesia, Rio Haryanto, menempati urutan ke-22 dengan catatan waktu 1:51,925 dengan total lap yang ditempuh 23 lap.

Rio Haryanto masih melakukan adaptasi dengan setting mobilnya sehingga belum bisa tampil konsisten. Padahal, sebelum sesi latihan bebas pertama dihentikan sempat berada di posisi 18 besar.

Apalagi karakter sirkuit jalan raya di kota Baku, Azerbaijan ini termasuk kombinasi kencang dan pelan. Namun performa MRT05 yang jadi andalan Rio Haryanto top speednya hanya berada di kisaran 315 km/jam, amat kontras dengan mobil bermesin Mercedes-Benz lainnya yang bisa mengukir di atas 320 km/jam.

Semoga di latihan bebas kedua (FP2), penampilan Rio Haryanto lebih meningkat lagi. (otomotifnet.com)

EDITOR

JLM

Top