Minggu,28 Agust 2016 22:15 WIB

Penulis: fendi

F1 Seri 13 Belgia

Hasil Lomba F1 Belgia: Ada Kecelakaan, Rosberg Pertama Kali Menang Balapan

Halaman 1 dari 2

Foto: Fendi/screen capture Fox Sports

Kevin Magnussen lolos dari kecelakaan hebat meskipun mobil Renault yang dikemudikannya hancur

SPA-FRANCORCHAMPS – Diwarnai kibaran bendera merah karena ada kecelakaan hebat, Nico Rosberg mendominasi GP Belgia, Minggu (28/8). Ini kemenangan pertamanya di sirkuit Spa-Francorchamps.

Balapan ronde ke-13 yang menandai dimulainya paruh musim kedua ini menarik perhatian. Banyak drama yang terjadi sejak awal lomba.

Pembalap tim Red Bull Max yang start dari posisi kedua, telat bereaksi saat start, posisinya disalip kedua pembalap Ferarri, Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel.

Verstappen coba mengejar. Di tikungan pertama ia masuk dari sisi dalam. Karena sempit, akibatnya Kimi dan Vettel bersenggolan. Verstappen juga serempetan dengan Kimi yang membuat sayap depan mobilnya rusak.

Atas kejadian itu, mobil Kimi dan Vettel rusak dan posisi mereka tercecer di belakang. Lap kedua Kimi dan Verstappen masuk pit.

 

F1 2016 Belgia Spa-Francorchamps Red Bull Max Verstappen Ferrari
Insiden di tikungan pertama setelah start antara Max Verstappen (kanan) dan kedua pembalap Ferrari, mereka saling menyalahkan

Masih di lap kedua, mobil pembalap Toro Rosso Carlos Sainz pecah ban kanan belakangnya. Ia coba untuk melaju, mobilnya melintir keluar dan masuk trek sebelum akhirnya berhenti di pagar pembatas.

Kejadian mengerikan di lap enam. Mobil Renault yang dikemudikan Kevin Magnussen melintir setelah melewati tikungan terkenal Eau Rouge, meluncur kencang. Bagian belakang menghantam pagar pembatas dari tumpukan ban. Safety car (SC) pun keluar.

Banyak pembalap masuk pit. Bendera merah dikibarkan karena petugas harus memperbaiki pagar yang rusak di tikungan 4 itu.

Balapan lanjut di lap 10, dipandu SC satu putaran. Nico Rosberg yang start dari pole position, masih memimpin. Posisi kedua Daniel Ricciardo dari tim Red Bull, diikuti Nico Hulkenberg dengan tim Force India.

Kemajuan pesat diperlihatkan pembalap McLaren Fernando Alonso. Start dari posisi paling buncit akibat penalti adanya penggantian pada mesin mobilnya, berada di urutan keempat.

Halaman 1 2

EDITOR

fendi

Top