Minggu,15 Mei 2016 23:15 WIB

Penulis: fendi

F1 Seri 5 Spanyol

Hasil Lomba: Max Verstappen Pembalap Termuda Menang Balap F1

Halaman 1 dari 2

Foto: Mark Thompson/Red Bull Content Pool

Max Verstappen meraih kemenangan pada debutnya bersama tim Red Bull

CATALUNYA – Max Verstappen mengambil keuntungan dari tabrakan pada lap pertama antara Lewis Hamilton dan Nico Rosberg, yang  menjadikannya pemenang termuda pada balapan di Barcelona, Catalunya, Spanyol, Minggu (15/5).

Pembalap asal belanda Max Verstappen secara mengejutkan menyentuh garis finish pertama saat baru berusia 18 tahun. Mengalahkan rekor yang dipegang Sebastian Vettel ketika berusia 21 tahun pada 2008.

Verstappen membuktikan kepercayaan yang diberikan tim Red Bull. Ini merupakan debutnya berlomba untuk Red Bull setelah tukar guling dengan Daniil Kvyat yang dimutasi ke tim Toro Rosso.

Mengendarai mobil RB12, anak mantan pembalap F1 Jos Verstappen ini mampu menahan serangan pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen yang usianya dua kali lebih tua darinya, yaitu 36 tahun.

F1 2016 Spanyol Barcelona Catalunya Mercedes Nico Rosberg Lewis Hamilton tabrakan
Pembalap Mercedes Nico Rosberg dan Lewis Hamilton bertabrakan saat memperebutkan posisi pertama di awal lomba

Balapan putaran kelima di sirkuit Barcelona, Catalunya ini diwarnai drama tabrakan antara kedua pembalap Mercedes.

Start dari pole position, Lewis Hamilton kehilangan posisinya dari Nico Rosberg di tikungan pertama. Namun menjelang masuk tikungan empat, Hamilton kehilangan kendali  mobilnya dan menabrak mobil Rosberg.

Keduanya keluar lintasan dan terdampar di gravel. Mercedes pun kehilangan peluang untuk bisa finish 1-2.

Ketua non-eksekutif Mercedes, Niki Lauda, langsung menyalahkan Hamilton. Mantan juara dunia F1 tiga kali  itu menggambarkan tindakan Hamilton ‘terlalu agresif’.

Halaman 1 2

EDITOR

fendi

Top