Rabu,17 Feb 2016 14:00 WIB

Penulis: fendi

Helm Baru Pembalap F1 Menyambut Kompetisi 2016

  • Foto: Romain Grosjean twitter

    Penampilan helm Romain Grosjean untuk balapan tahun ini bersama tim barunya, Haas F1 Team

  • Foto: Romain Grosjean twitter

    Ada tulisan #JB17 di helm Grosjean untuk mengenang pembalap tim Marussia, Jules Bianchi yang meninggal Juli 2015 setelah koma akibat kecelakaan parah di GP Jepang 2014

  • Foto: Romain Grosjean twitter

    Nomor 8 dan inisial RG ditempatkan di bagian atas helm baru Romain Grosjean

  • Foto: Romain Grosjean twitter

    Musim balap baru di tim baru menggunakan helm baru pula, logo tim Haas ada di bagian samping helm Romain Grosjean

Eropa – Menjelang dimulainya kompetisi F1 2016 yang terlebih dahulu ditandai dengan tes pramusim di Barcelona, Spanyol pada hari Senin (22/2) nanti, beberapa pembalap memperkenalkan livery helm baru mereka.

Helm, bagi pembalap tak hanya berupa peranti untuk penunjang keselamatan tetapi juga merupakan identitas pribadi. Seperti di balap F1, dengan hanya melihat dari helmnya, penggemar balap bisa mengetahui siapa yang berada di balik kemudi sebuah mobil balap.

Apalagi di balap F1 desain livery tidak boleh diganti-ganti, jika dilanggar bisa kena denda. Perubahan livery hanya dibolehkan sedikit seperti adanya logo sponsor.

Asyiknya lagi, beberapa helm pembalap F1, selain disertai inisial pembalapnya juga ada nomor yang sama pada mobilnya. Nomor ini juga permanen, tidak boleh berubah-ubah, dipakai selama pembalap ini masih aktif di balap F1.

Tak lama lagi kompetisi 2016 dimulai, para pembalap kini sedang bersiap untuk melakukan tes pramusim. Menyambut musim baru, beberapa pembalap menunjukkan livery helmnya.

Dalam akun twitternya, Romain Grosjean dengan senang memperlihatkan helmnya dan berharap bisa memperolah hasil yang baik bersama desain livery helm baru.

Grosjean yang tahun lalu membela tim Lotus, kini bergabung dengan tim baru asal Amerika, Haas.

F1 2016 helm baru Nico Hulkenberg Force India
Helm baru Nico Hulkenberg dengan tulisan 'Hulk' melingkari helm

Pembalap tim Force India, Nico Hulkenberg juga punya corak baru pada helmnya. Jika sebelumnya dihias kelir oranye, hitam dan putih, kini didominasi warna hijau yang mencolok plus hitam dan kuning.

Entah ada hubungan atau tidak warna yang dipilih dengan tokoh superhero raksasa hijau Hulk. Mengingat pembalap Jerman ini memiliki panggilan ‘Hulk’ dan tulisan itu ditempatkan melingkar dari samping ke belakang helmnya.

Sedangkan pendatang baru di F1 yang belum lama ini menandatangani kontrak dengan tim Manor, Pascal Wehrlein, juga sudah menentukan desain helmnya.

Juara balap mobil turing Jerman (DTM) 2015 ini, saat balapan dan menjadi test driver tim F1 Mercedes dan Force India, menggunakan helm berwarna merah, emas, putih dan hitam dengan dasar putih.

F1 2016 helm baru Pascal Wehrlein Manor Racing
Pendatang baru Pascal Wehrlein yang membela tim Manor, memilih desain helm yang didominasi warna hitam dan oranye lengkap dengan nomor 94

Memulai debutnya di balap F1 nanti, Wehrlein pakai helm baru yang diselimuti kelir hitam dan oranye. Lengkap dengan nomor permanen 94, nomor yang sama di mobil balap DTM dan juga tahun kelahirannya, 1994. Ia adalah calon rekan setim pembalap Indonesia Rio Haryanto di  Manor. Semoga.

Ayo siapa lagi yang mau pamer helm barunya. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Sabtu,1 Okt 2016 18:45 WIB

KUN Manado 2016

Jumat,23 Sept 2016 10:30 WIB

Toyota Sienta - Test Drive Review

Top