Senin,28 Nov 2016 14:45 WIB

Penulis: fendi

Ini Daftar Ayah dan Anak Pembalap F1, Siapa Paling Sukses?

Halaman 1 dari 2

Foto: hs.fi

Nico dan Keke Rosberg kini jadi pasangan kedua yang anak dan ayahnya menyandang gelar juara dunia F1

Abu Dhabi – Menyusul keberhasilan Nico Rosberg jadi juara dunia 2016, nama ayahnya, Keke Rosberg pun disebut-sebut. Paling tidak sudah ada 13 pembalap yang mengikuti jejak ayahnya jadi pembalap F1. Ini daftarnya.

Like father like son, begitu ungkapan yang diujukan kepada Nico Rosberg ketika dinobatkan sebagai kampiun usai GP Abu Dhabi di Yas Marina (27/11), sama seperti Keke Rosberg yang juara dunia 34 tahun lalu, tepatnya pada 1982.

Sepanjang sejarah balap F1, banyak pembalap yang ayahnya dulu juga pembalap F1. Pada tahun 1974, Hans-Joachim Stuck menjadi anak pertama yang mengikuti ayahnya Hans von Stuck ke F1.

Terakhir Max Verstappen yang bergabung di 2015 dengan tim Toro Rosso. Anak Jos Verstappen itu menjadi pasangan ke-13 ayah dan anak yang berpartisipasi di kejuaraan balap jet darat ini.

F1 2016 Brasil Max Verstappen Jos Verstappen
Max dan Jos Verstappen, duet terakhir anak yang mengikuti jejak ayahnya sebagai pembalap F1

Lima ayah mereka telah memenangkan kejuaraan (Jack Brabham, Graham Hill, Mario Andretti, Keke Rosberg, Nelson Piquet). Sementara hanya tiga anak laki-laki mereka yang meraih gelar juara dunia (Damon Hill, Jacques Villeneuve dan Nico Rosberg).

Pasangan Graham dan Damon Hill jadi yang pertama pasangan ayah-anak yang memiliki titel juara.

Sementara Jacques Villeneuve adalah satu-satunya anak yang memenangkan kejuaraan sementara ayahnya, Gilles Villeneuve tidak.

Fakta menarik lainnya, hanya ada dua kesempatan ketika putra mantan driver F1 sama-sama berada dalam satu tim, keduanya itu terjadi di tim Williams.

Halaman 1 2

EDITOR

fendi

Top