Selasa,22 Des 2015 18:30 WIB

Penulis: fendi

Langkah Rio Haryanto Ke F1 Dapat Saingan dari Will Stevens

  • Foto: Manor F1 Team facebook

    Pembalap Indonesia, Rio Haryanto sudah diajak uji coba mobil F1 tim Manor di Abu Dhabi, November lalu

  • Foto: Manor F1 Team facebook

    Will Stevens yakin tetap bersama tim Manor untuk musim balap 2016

  • Foto: Manor F1 Team facebook

    Tim Manor belum menentukan siapa yang akan menempati kokpit mobil balapnya yang nanti bermesin Mercedes

Inggris – Langkah pembalap Indonesia, Rio Haryanto ke balap F1 tahun depan bersama tim Manor kembali dapat saingan. Setelah pascal Wehrlein yang test driver tim Mercedes, kini Will Stevens yang pada 2015 membela tim Manor.

Manor satu-satunya tim yang belum menetapkan susunan pembalapnya untuk 2016. Meskipun pembalap asal Indonesia, Rio Haryanto sudah menawarkan diri bergabung setelah pemerintah memberi jaminan finansial.

Namun Rio harus bersaing dengan pembalap lain. Pasalnya, belum lama muncul dukungan dari bos tim F1 Mercedes, Toto Wolff untuk test drivernya, Pascal Wehrlein. Ia ingin mencarikan posisi yang tepat buatnya.

Menurut Wolff, Pascal memenuhi syarat apa yang dibutuhkan di F1. Juara balap mobil turing Jerman (DTM) 2015 itu pernah mengikuti uji coba bersama tim Mercedes dan Force India.

Kini giliran Will Stevens yang yakin seratus persen dirinya mendapat tempat di tim Manor. Stevens satu-satunya pembalap yang turun full bersama Manor di 2015, sementara rekan setimnya Roberto Merhi sempat diganti Alexander Rossi beberapa putaran menjelang akhir musim.

F1 2015 Bahrain Manor Will Stevens
Will Stevens percaya tahun depan tim Manor akan mengalami kemajuan pesat

Pembalap asal Inggris berusia 24 tahun itu gabung bersama Manor tahun ini setelah membulai debutnya di tim Caterham pada 2014. “Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, kami berada di posisi yang bagus,” kata Stevens mengenai masa depannya.

“Saya yakin mendapatkan kursi. Saya seratus persen yakin,” ucapnya. “Kami sudah melakukan pertemuan yang sangat produktif dan semuanya menuju ke arah yang tepat,” lanjutnya.

Stevens menegaskan dirinya bekerja untuk mencapai kesepakatan jangka panjang di F1. Jika tidak mendapat tempat tahun depan, apakah ia mengincar posisi di 2017?

“Kami tidak dalam posisi di mana ada banyak kursi tersisa. Saya dalam posisi yang baik sebagai orang untuk mendapatkan kursi tahun depan. Jika ada yang sudah di posisi lebih baik, saya yakin mereka sudah menandatanganinya sekarang,” ungkapnya.

Tahun depan Manor bermitra dengan Mercedes sebagi pemasok mesin setelah tahun ii pakai Ferrari. Stevens optimis kedepannya tim mengalami kemajuan besar.

Stevens menjalani musim yang buruk di 2015, tidak mendapat point dan bertengger di posisi terakhir klasemen (21). “Jelas upgrade performa untuk tahun depan akan kuat,” ulasnya.

Weeww..berarti sekarang ada tiga calon kuat untuk menempati kokpit mobil F1 tim Manor di 2016. Pihak manajemen Rio Haryanto harus gigih memperjuangkan Rio menjadi pembalap F1 pertama asal Indonesia. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top