Minggu,23 Okt 2016 02:00 WIB

Penulis: fendi

F1 Seri 18, Amerika

Lewis Hamilton Raih Pole Position Pertama di Austin

Foto: Mercedes AMG F1 twitter

Lewis Hamilton membukukan waktu tercepat di sirkuit Austin untuk mencetak pole position pertamanya di GP Amerika ini

Austin – Untuk pertama kalinya Lewis Hamilton akan menjalani start GP Amerika di Austin dari urutan terdepan, setelah mengalahkan rekan setimnya di Mercedes, Nico Rosberg pada kualifikasi hari Sabtu (22/10).

Nico Rosberg yang pertama mencetak waktu terbaik. Namun  kemudian catatan waktu Lewis Hamilton lebih cepat, 1 menit 35,370 detik. Meninggalkan Rosberg 0,072 detik. Verstappen di tempat ketiga, tetapi digeser rekan setimnya Daniel Ricciardo.

Kedua pembalap Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen sementara di peringkat kelima dan enam pada tahap pertama kualifikasi periode ketiga (Q3) ini. Hanya enam pembalap yang mencatatkan waktunya.

Setelah para pembalap masuk pit dan ganti ban kemudian menjalani tahap kedua, menggunakan ban superlembut.

Rosberg membuat waktu 1:35,215 untuk sementara memimpin. Tetapi lagi-lagi ia dikalahkan Hamilton 1:34,999.

Begitu juga Ricciardo yang menempati posisi tiga tercepat setelah menyalip waktu terbaik Verstappen. Tim Red Bull tampak sangat kuat di Austin dan mereka kembali berada di depan pembalap Ferrari.

Baris start ketiga ditempati pasangan pembalap tim kuda jingkrak, Kimi dan Vettel yang hanya membuat waktu tercepat di urutan kelima dan enam.

Hamilton yang sudah tiga kali memenangkan GP Amerika yang dipentas di Austin, baru kali ini meraih pole di Austin. Dalam dua tahun terakhir, Rosberg start dari posisi terdepan, tetapi Hamilton yang memenangkan lomba.

Keduanya pembalap Mercedes itu terus bersaing untuk memperebutkan gelar musim ini. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top