Minggu,21 Feb 2016 22:45 WIB

Penulis: fendi

McLaren MP4-31 Siap Kembali ke Papan Atas

  • Foto: McLaren Honda

    Mobil McLaren MP4-31 dengan kelir hitam dan aksen merah, tidak ada sponsor utama

  • Foto: McLaren Honda

    Menurut kedua pembalapnya, mobil MP4-31 mengusung paket aerodinamika yang fantastis

  • Foto: McLaren Honda

    Selama istirahat musim dingin, Pihak Honda melakukan sejumlah perbaikan pada bagian mesin

Inggris – Tim McLaren menunjukkan gambar mobil MP4-31 untuk musim balap tahun ini hari Minggu (21/2). Diharapkan MP4-31 ini bisa kembali McLaren ke papan atas setelah mengalami musim terburuk dalam 30 tahun terakhir.

Tahun lalu tim McLaren menjalani musim yang sulit, menyusul reuni dengan mesin Honda setelah terakhir menjalin kerja sama pada 1992.

Diperkuat dua pembalap andal penyandang gelar juara dunia, Fernando Alonso dan Jenson Button, menurut direktur eksekutif McLaren Ron Dennis mereka sebagai pasangan paling baik saat ini. Tetapi tahun lalu McLaren jadi bulan-bulanan oleh pembalap baru.

Duet pembalap berpengalaman itu tercatat 12 kali tidak finish dan sekali tidak start. Prestasi terbaik dibuat Alonso, finish kelima di GP Hongaria.

Pada klasemen akhir Button menempati posisi 16 dan Alonso 17. Tim McLaren berada di peringkat 9 dari 10 tim yang berlaga di 2015.

Belajar dari kelemahan tahun lalu, McLaren pasang target bisa kembali ke tim papan atas. Selama istirahat musim dingin, Honda mengatasi beberapa kekurangan mendasar dari mesin sebelumnya untuk mesin baru RA616H.

“Belajar dari tahun lalu, kami telah membuat perubahan pada kompresor dan hardware lainnya dari mesin selama istirahat,” jelas kepala motorsport Honda, Yasuhisa Arai.

F1 2016 McLaren MP4-31
Mobil MP4-31 diyakini dapat membawa McLaren kembali sebagai tim papan atas

“Fokus kami akan menguji keseimbangan mobil dengan sasis baru dan mesin, dan khususnya ERS (energy recovery system) selama delapan hari tes musim dingin,” lanjutnya.

Jenson Button dan Fernando Alondo memuji aerodinamika mobil ini yang menurutnya tampak fantastis. MP4-31 menerapkan desain hidung pendek, sama seperti mobil Ferrari SF16-H yang muncul beberapa hari sebelumnya.

“Kami tidak akan membuat prediksi kapan mereka akan menang, tetapi saya dapat mengatakan bahwa setiap anggota dari tim kami telah bekerja dengan dedikasi tanpa henti selama beberapa bulan terakhir,” kata Ron Dennis.

Mobil baru tetap tampil dengan warna hitam, tidak seperti dugaan publik sebelumnya yang akan berwarna merah dan putih seperti saat terakhir McLaren bersama Honda pada 1992. Plus sponsor baru Chandon dan Richard Mille.

MP4-31 akan memulai debutnya pada tes pramusim di sirkuit Catalunya, Barcelona selama empat hari mulai Senin (22/2). Button akan mencobanya hari pertama, kemudian Fernando Alonso hari kedua. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Jumat,23 Sept 2016 10:30 WIB

Toyota Sienta - Test Drive Review

Senin,19 Sept 2016 15:15 WIB

All New Honda BeAT ESP 2016 - Test Ride

Jumat,9 Sept 2016 13:30 WIB

KUN Bali & Banyuwangi 2016

Top