Jumat,26 Feb 2016 21:15 WIB

Penulis: fendi

Mercedes Melaju Paling Jauh, Tanda Mendominasi Lagi?

Halaman 1 dari 2

Foto: Mercedes AMG Petronas facebook

Tim Mercedes mencapai jarak tempuh paling jauh tanpa masalah pada tes pramusim di Catalunya

Catalunya – Tes pramusim di sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol selama empat hari (22-25/2), pembalap Mercedes mencapai jarak tempuh paling jauh. Apakah ini pertanda mereka akan mendominasi balapan lagi?

Hasil tes pramusim periode pertama ini, Ferrari menunjukkan kemajuan lewat mobil barunya SF16-H pada tes pramusim edisi pertama itu. Ini bisa jadi indikasi kalau mereka bakal jadi penantang serius Mercedes.

Seperti janji saat memperkenalkan mobil SF16-H, mereka akan menghentikan dominasi tim Mercedes yang berkuasa dalam dua tahun terakhir. Tahun lalu Ferrari kebagian tiga kali menang, tahun ini bertekad menang lebih banyak.

Para pembalap Ferrari pun langsung gas pol. Sebastian Vettel mencetak waktu tercepat pada hari pertama dan kedua. Kimi Raikkonen tercepat di hari terakhir.

F1 2016 tes Catalunya Ferrari Sebastian Vettel Kimi Raikkonen
Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen jadi pembalap tercepat dalam tiga hari dari empat hari tes pramusim

Sementara tim Mercedes melakukan strategi berbeda. Mereka fokus pada keandalan mobil dengan mengitari sirkuit sebanyak mungkin. Alhasil, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg menjadi pembalap paling jauh jarak tempuh tesnya.

Otomatis Mercedes jadi tim paling sibuk mengitari sikuit. Secara pabrikan (gabungan dari semua tim yang menggunakan merek mesin sama), Mercedes juga menempuh jarak terjauh.

Tahun ini ada empat tim memakai mesin Mercedes, termasuk tim Manor yang diperkuat pembalap Indonesia Rio Haryanto. Selain tim Mercedes sendiri, ada tim Williams dan Force India.

“Keandalan mobil minggu ini luar biasa,” puji Lewis Hamilton. “Terasa kuat, solid dan terus melaju. Saya belum pernah melihat yang seperti itu,” lanjut juara dunia bertahan.

Meskipun tes ini bukan jadi ukuran pasti kekuatan musim ini, tampaknya mobil baru Mercedes W07 akan melanjutkan tradisi keunggulan mobil W05 pada 2014 dan W06 di 2015.

Halaman 1 2

EDITOR

fendi

Top