Senin,15 Feb 2016 19:30 WIB

Penulis: fendi

Rio Haryanto 7 Kali Balapan F1 Bersama Tim Manor?

  • Foto: Rio Haryanto

    Rio Haryanto bisa jadi pembalap F1 pertama asal Indonesia meskipun tidak tampil penuh satu musim balapan

  • Foto: Manor F1 Team facebook

    Pembalap tim Manor tahun lalu Will Stevens bisa kembali memperkuat timnya

  • Foto: Manor F1 Team facebook

    Alexander Rossi pernah berbagi tempat dengan pembalap lain di mobil tim Manor tahun lalu

Eropa – Siapa yang akan menjadi rekan setim Pascal Wehrlein di tim F1 Manor tahun ini belum juga terjawab. Rumornya sisa satu kursi akan dibagi tiga pembalap, termasuk pembalap dari Indonesia Rio Haryanto.

Tim Manor mungkin akan menerapkan solusi pembagian jatah. Saat ini diyakini ada tiga pembalap yang semuanya didukung sponsor kuat yang mendorong mereka mengamankan satu tempat terakhir di susunan pembalap F1 2016.

Yaitu pembalap Indonesia Rio Haryanto, Alexander Rossi (Amerika) dan Will Stevens (Inggris). Menurut suratkabar Finlandia, Ilta Sanomat, tim Manor mungkin akan mengatakan ‘ya’ untuk ketiganya.

“Ada rumor di kalangan F1 bahwa mobil kedua bisa dipakai dengan tiga pembalap selama musim ini,” katanya. Dengan 21 balapan tahun ini, Rio, Rossi dan Stevens bisa menandatangani kesepakatan masing-masing berlomba tujuh kali.

Kata Ilta Sanomat, Rio Haryanto yang sudah didukung pemerintah Indonesia, akan mendapat giliran di beberapa balapan pertama. Kemudian muncul lagi ketika lomba berlangsung di kawasan Asia pada akhir musim.

Sementara Rossi diturunkan di kawasan Amerika Utara dan Selatan. Stevens sebagian besar berlomba di benua Eropa. Dikatakan, dengan kesepakatan itu setiap pembalap dikenakan biaya sekitar 5 juta euro (lebih kurang Rp 75 miliar).

Rencana tim ini diizinkan oleh regulasi, pasal 16.1: “Selama semusim, setiap tim diizinkan untuk menggunakan empat pembalap. Pembalap baru bisa mencetak point di kejuaraan.”

Tim Manor diperkirakan bakal mengalami kemajuan signifikan, berkat pemakaian mesin Mercedes dan dukungan teknis dari Williams.

“Manor akan membuat langkah besar, bukan hanya karena mesin,” kata bos tim F1 Mercedes, Toto Wolff yang berperan penting bagi Pascal Wehrlein mendapatkan kursi pertama tim Manor.

Ia yakin mobil dan pembalap tim Manor akan berada di papan tengah kompetisi.

Tahun lalu Manor tidak mampu mencetak point. Mereka berjuang dengan mesin Ferrari yang speknya setahun lebih tua dari yang dipakai tim pabrikan Ferrari.

Stevens adalah pembalap Manor tahun lalu, sementara Rossi sempat menggantikan Roberto Merhi di beberapa balapan menjelang musim lalu berakhir.

Semoga kabar ini benar, sehingga Rio Haryanto akan tercatat sebagai pembalap F1 pertama asal Indonesia. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top