Kamis,26 Mei 2016 20:00 WIB

Penulis: fendi

F1 Seri 6 Monako

Rio Haryanto Kecelakaan pada Latihan Kedua GP Monako

  • Foto: Fendi/screen capture Fox Sports

    Setelah keluar dari tikungan terowongan, Rio Haryanto mengambil jalur kanan, mobil oleng lalu meluncur kencang dan menabrak pagar di sisi kiri sirkuit

  • Foto: Fendi/screen capture Fox Sports

    Petugas sirkuit dan tim medis langsung memeriksa kondisi Rio Haryanto

  • Foto: Fendi/screen capture Fox Sports

    Rio Haryanto terhenti lajunya untuk mengikuti latihan bebas kedua di sirkuit Monte Carlo setelah mobilnya menabrak pagar pembatas sirkuit

  • Foto: Fendi/screen capture Fox Sports

    Rio Haryanto bisa keluar dari mobilnya tanpa bantuan petugas medis

MONTE CARLO– Pembalap Indonesia Rio Haryanto mengalami kecelakaan di GP Monako saat menjalani latihan kedua hari Kamis (26/5). Mobilnya hancur, tetapi Rio baik-baik saja. Ini foto-fotonya.

Sesi latihan bebas kedua yang menyediakan waktu 90 menit, baru saja berlangsung sekitar 20 menitan. Ktika para pembalap tengah berpacu untuk membuat waktu terbaik, tiba-tiba kamera menyorot sebuah mobil yang berhenti di luar lintasan.

F1 Monako Monte Carlo Manor Racing Rio Haryanto kecelakaan
Kondisi Rio Haryanto baik-baik saja setelah kecelakaan di tempat yang biasanya memang sering terjadi kecelakaan itu

Kemudian muncul nama Rio Haryanto. Pembalap kelahiran Solo, 21 tahun lalu yang berlomba dengan tim Manor Racing ini mengalami kecelakaan setelah melintas di tikungan terowongan.

Dalam tayangan ulang, setelah melewati terowongan, mobil Rio oleng ketika menyentuh kerb (bagian yang menonjol di trek) pada sisi kanan trek. Kemudian mobil MRT05 yang dikendarainya meluncur deras ke sisi kiri.

Mobil membentur pagar pembatas sirkuit yang menuju tikungan Nouvelle dan berhenti di bagian luar trek. Moncong mobil rusak dan roda belakang juga rusak. Saat itu Rio tengah menggunakan ban ultralembut.

F1 Monako Monte Carlo Manor Racing Rio Haryanto kecelakaan
Mobil MRT05 bernomor 88 andalan Rio Haryanto diamankan petugas sirkuit Monte Carlo

Untunglah Rio aman-aman saja. Ia bisa keluar dari mobil dan berjalan tanpa bantuan tim medis. Mobilnya segera dievakuasi. Ketika kejadian itu, catatan waktu Rio lebih baik dari rekan setimnya Pascal Wehrlein.

Ini kecelakaan Rio pertama dalam debutnya di balap F1 tahun ini.

Sesi kualifikasi tetap berjalan, namun ada tanda virtual safety car (VSC). Artinya para pembalap tidak boleh melaju kencang. Sesi latihan di hari pertama ini banyak pembalap mengalami kecelakaan.  (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top