Minggu,13 Maret 2016 12:30 WIB

Penulis: JLM

Rio Haryanto Jelang F1 Perdana

Tak Cuma Rossi Yang Jadi Reserve Driver Tim Manor

Foto: Manor Grand Prix Racing Ltd

Rio Haryanto sama sekali tak terancam pososinya sebgai pembalap reguler dengan masuknya Alexander Rossi sebagai reserve driver Manor Racing

OTOMOTIFNET - Tersiarnya kabar dengan masuknya Alexander Rossi sebagai pembalap cadangan mengancam posisi Rio Haryanto sebagai pembalap reguler. Hal itu jelas-jelas tidak benar.

Alexander Rossi dikontrak sebagai pembalap cadangan dan memang hal itu sebagai langakah wajar yang dilakukan sebuah tim F1. Jangankan Manor, tim-tim papan atas dan medioker pun memiliki reserve driver.

Tujuan pembalap cadangan ini menjadi substitut jika pembalap reguler mengalami satu dan lain hal. Ya misalkan, katakanlah pembalap reguler menderita sakit di saat raceday atau mengalami kecelakaan yang membuatnya tidak bisa tampil di saat raceday yang ditentukan.

Kehadiran pembalap cadangan (reserve driver) yang sudah dikontrak secara resmi jelan membuat tim tidak perlu repot lagi mencari atau meminta pembalap lain secara mendadak untuk mengatasi keadaan itu.

Keperluan pembalan cadangan (reserve driver) yang sudah dikontrak resmi menjadi salah satu prosedur operasional standar di dunia F1.

"Jangan salah, Manor Racing tak hanya mengontrak Alexander Rossi. Soalnya, reserve driver itu dituntut harus selalu ada bersama tim di saat race weekend. Sementara Rossi musim ini juga menjadi pembalap reguler di event Indycar, kompetisi single seater di ranah Amerika."

"Jadwalnya pasti bentrok. Kemungkinan Manor akan mengumumkan lagi nama lain sebagai pembalap cadangannya," kata Piers-Hunnisett kepada redaksi OTOMOTIFNET.

Jadi tidak benar bila Alexander Rossi jadi ancaman yang membuat Rio Haryanto kehilangan posisi sebagai pembalap reguler di Manor Racing. (otomotifnet.com)

EDITOR

JLM

Top