Sabtu,8 Okt 2016 20:58 WIB

Penulis: toncil

Tengahi Perseteruan Lokasi Tes Ban, FIA Minta Pirelli Bikin Surat Penjelasan

Foto: Pirelli Facebook

Lokasi tes ban picu perdebatan

Suzuka - Untuk menengahi kisruh lokasi tes ban, pihak FIA meminta Pirelli membuat surat resmi kepada tim. Isinya penjelasan mengenai pentingnya pengetesan dilakukan di Bahrain. 

Seperti diketahui, lokasi tes ban di Bahrain ditolak oleh beberapa tim dan terus bergulir menjadi panjang. 

Pihak Pirelli sendiri menyatakan siap untuk membuat surat yang disyaratkan oleh FIA tersebut. 

Alasan yang disebut oleh Pirelli karena ban untuk 2017 tersebut lebih lebar dibanding 2016. Selain itu juga memiliki pattern yang baru. 

Serta butuh pengetesan saat kondisi panas. Dimaksudkan mengakomodir rancangan mobil F1 2017 yang level downforcenya lebih tinggi. Sehingga ban juga jadi lebih panas dan kerja keras. 

Bukan tanpa alasan Pirelli memilih Bahrain. "Kami sangat punya alasan yang kuat. Di Bahrain, membutuhkan traksi yang sangat besar. Pada saat itulah kita ingin lihat performa ban terbaru tersebut," ucap Mario Isola, bos Pirelli bidang teknik. 

Menurut Isola, dengan pengetesan di trek Bahrain yang memaksa ban kerja keras akan didapat hasil yang sangat baik untuk tim juga. 

Dengan traksi yang kuat, berarti ban juga akan lebih cepat panas. Dengan demikian, akan mudah dan lekas rusak. 

Pengetesan di trek Bahrain tersebut untuk melihat seberapa besar kerusakan yang diderita. Dan seberapa mungkin bisa dikurangi tanpa mengabaikan faktor keamanan. 

Pihak Pirelli sendiri belum memberitahu kapan surat resmi tersebut akan mulai diserahkan ke tim. (otomotifnet.com)

EDITOR

toncil

Top