Kamis,25 Feb 2016 03:15 WIB

Penulis: fendi

Tes F1 Catalunya

Tes F1 Catalunya, Rio Haryanto Mengaku Masih Proses Belajar

  • Foto: Manor Racing

    Tim Manor senang dan bangga pada pembalap Indonesia Rio Haryanto usai menjalani tes hari pertama

  • Foto: Manor Racing

    Rio Haryanto tengah bersiap di dalam kokpit mobil MRT05. Ia mengaku masih dalam proses belajar

Catalunya – Pendatang baru di tim Manor, Rio Haryanto telah mengaku melakukan kesalahan yang membuat mobilnya berputar selama sesi tes pramusim hari ketiga, Rabu (24/2) di sirkuit Catalunya, Spanyol. Ia juga mengaku masih belajar.

Rio Haryanto akhirnya bisa menikmati debutnya bersama tim Manor, meskipun mobil MRT05 yang dikendarainya sedikit berputar di tikungan lima dan menempatkannya terperangkap di gravel (hamparan kerikil) di pinggir trek.

Pembalap F1 pertama asal Indonesia ini baru mendapat tugas mengendarai mobil MRT05, dua hari sebelumnya tim Manor menempatkan Pascal Wehrlein di kokpit mobil bermesin Mercedes itu.

Namun dalam penampilan pertama kalinya ini, Rio menjalankan tugasnya tidak mudah, setelah mobilnya berputar keluar trek saat sesi tes pagi hari.

Pemenang di balapan GP2 ini mengikuti tes hingga sore hari dan total menyelesaikan 78 lap. Rio berada di posisi 12 tercepat. Catatan waktunya 1 menit 28,249 detik, terpaut 5,139 detik dari pembalap tercepat Nico Hulkenberg.

Waktu yang dibuatnya itu mengalahkan rekan setimnya yang juga mantan test driver tim F1 Mercedes, Pascal Wehrlein yang pada hari pertama tes mengukir waktu 1 menit 28,282 detik.

"Saya masih dalam proses belajar,” kata Rio setelah sesi tes. “Banyak orang di sana dan sangat berbeda dengan GP2. Sangat berbeda rasanya melihat begitu banyak orang yang berusaha dan terima kasih kepada mereka yang melakukan pekerjaan bagus hari ini," lanjutnya.

Rio menjelaskan perjalanannya yang menempuh total 78 lap dengan waktu terbaik 1 menit 28,249 detik, "Saya membuat kesalahan kecil. Tidak ada kerusakan mobil, sehingga kami kembali melaju pada sore hari.”

“Saya sangat senang karena bisa kembali ke trek dan kami memiliki hari yang produktif. Kami memiliki lap paling jauh dibandingkan dengan hari kedua bersama Pascal, sehingga ini bagus buat saya dan tim," jelas kelahiran Solo, 23 tahun lalu.

Rio akan menjalankan tugasnya lagi mengetes mobil MRT05 hari Kamis (25/2). (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top