Jumat,19 Feb 2016 21:30 WIB

Penulis: JLM

Penampakan Mobil Williams F1

Williams-Mercedes FW38: Penyempurnaan Dari Tahun Lalu

Foto: Williams F1

Williams FW38 tak ada perubahan mencolok namun anut filosofi evolusi dari mobil musim lalu

GROOVE OXFORDSHIRE - Tim Williams F1 memang baru akan memperkenalkan mobil barunya di tes pramusim F1 Barcelona (22/2) mendatang. Namun kubu Williams telah melansir secara online deskripsi FW38, mobil baru untuk musim ini.

Introduksi mobil anyar tim Williams dengan kode FW38 sudah dilansir di situs resmi tim; www.williamsf1.com. Memang secara umum tidak ada perubahan mencolok di kubu yang dikomandani Sir Frank Williams ini.

Materi pembalap masih mengandalkan Valtteri Bottas dan Felipe Massa dan memang kekurangan tim Williams musim lalu ada di sektor mobil.

Alhasil lewat peluncuran awal di situs resmi tim diungkapkan bila riset dan pengembangan yang dilakukan sejak Desember musim lalu hingga jelang tes pramusim di trek Catalunya, Barcelona adalah memperbaiki kelemahan FW37.

 

2016 Williams F1 FW38 Groove Oxfordshire
Williams FW38 menjadi amunisi tim Williams F1 untuk kembali menyandang predikat tim papan atas

 

Sehingga besutan anyar untuk musim ini, FW38, menjadi mobil yang konsiten performanya dan mampu menopang talenta Valtteri Bottas dan Felipe Massa bisa terus bersaing merebut podium.

"Kami merupakan tim yang mau belajar dari kelemahan dan mengubahnya menjadi kekuatan. Itulah filosofi yang mendasari rancang bangun FW38. Secara umum tak ada perubahan di sektor regulasi. Prioritas kami membuat mobil yang performanya stabil dan juga berdaya tahan tinggi," terang Pat Symmonds selaku Chief Technical Office Williams F1.

Sir Frank Williams pun mengungkapkan bila musim ini menjadi momentum bagi tim bermarkas di Groove Oxfordshire, Inggris bisa bertarung merebut papan atas.

"Sudah terlalu lama kami tidak meramaikan persaingan papan atas. Momentum itu kami rasakan bisa digapai setelah tiga musim memiliki fondasi ke sana. Musim lalu menjadi pencapaian target yang bagus dengan finish 3 besar di klasemen konstruktor. Musim ini kami tak sabar untuk bisa berkompetisi di papan atas," imbuh Frank Williams selaku team principal.

Komposisi pembalap yang tak berbeda dengan musim lalu dan dibekali senjata mobil yang diklaim lebih baik dari musim lalu.

Sejatinya, Williams F1 menjadi kandidat yang tak boleh dikecilkan untuk mampu bersaing di deretan papan atas. (otomotifnet.com)

SPESIFIKASI WILLIAMS-MERCEDES FW38

Sasis: Monokok serat karbon dengan konstruksi sarang lebah
Suspensi: Double wishbone diaktivasikan sistem push-rod (depan); diaktivasikan sistem pull-rod (belakang)
Transmisi: 8-speed semi-otomatis kreasi Williams
Kopling: Material karbon multi-plate
Peredam: Williams
Pelek: Magnesium tempa merek APP Tech
Ban: Pirelli 245/660-13 (depan), 325/660-13 (belakang)
Sistem rem: Cakram karbon berkaliper 6 piston  (depan) kaliper 4 piston (belakang) pasokan AP Racing
Setir: Buatan Williams dengan sistem power steering
Sistem bahan bakar: ATL material Kevlar melapisi kantung karet
Sistem elektronik: FIA SECU standard electronic control unit
Kokpit: Jok serat karbon dengan seat-belt 6 titik dengan pengikat HANS
Mesin: Mercedes-Benz PU106C Hybrid , 1.600 cc V6 90o Turbo, maksimum 15.000 rpm
ERS: Mercedes AMG HPP
Dimensi (panjang/tinggi/lebar):  5.000 mm/950 mm: 1.800 mm

EDITOR

JLM

Top