Selasa,2 Feb 2016 17:00 WIB

Penulis: fendi

Ada Kecelakaan, Tes MotoGP Sepang Hari Kedua Sempat Berhenti

Foto: Loris Baz facebook

Kondisi pakaian balap yang dipakai Loris Baz setelah kecelakaan pada kecepatan 290 km/jam

Sepang – Kecelakaan yang dialami Loris Baz pada hari kedua tes pramusim di sirkuit Sepang, Malaysia, Selasa (2/2), membuat aktivitas ini sempat dihentikan. Juara dunia bertahan Jorge Lorenzo juga jatuh bersama motornya.

Loris Baz kecelakaan saat memacu motor Ducati Desmosedici GP14.2 pada kecepatan 290 km/jam di trek lurus. Untunglah pembalap asal Prancis berusia 23 tahun ini tidak mengalami cedera serius setelah terlempar dari motornya.

Meskipun pakaian balapnya sobek-sobek akibat kecelakaan itu, Baz bisa berjalan. Baz yang memulai debutnya di MotoGP tahun lalu bersama tim Yamaha Forward di kategori open class, bergabung ke tim Avintia karena tim Forward mengalami masalah sejak pertengahan musim lalu dan kini pindah ke arena superbike.

Belum diketahui apa penyebab kecelakaan yang dialami mantan pembalap Kawasaki di kejuaraan dunia Supebike (WSBK) itu. Yang pasti, Michelin menarik ban belakang spek kompon lembut sebagai tindakan pencegahan.

Sekarang para pembalap hanya akan menggunakan ban belakang dengan kompon lebih keras dan tekanan ban juga sedikit dinaikkan.

MotoGP 2016 tes Sepang Avintia Loris Baz kecelakaan
Loris Baz tidak mengalami cedera setelah jatuh saat mengendarai motor Ducati Desmosedici GP14.2

Tes dihentikan satu jam  lebih (dari 10.40-12.00), sampai penyebab kecelakaan diketahui. Mesin, girboks, suspensi dan ban bisa jadi penyebab. Tetapi dengan bagian belakang motor yang rusak parah, bukan perkara mudah untuk mengetahui penyebab awalnya.

Juara dunia MotoGP tiga kali Jorge Lorenzo juga jatuh bersama motor Yamaha YZR-M1 yang dikendarainya di tikungan 5 sirkuit Sepang. Ia juga dilaporkan tidak mengalami cedera.

Hingga pukul 4 sore waktu setempat, tidak ada perubahaan posisi catatan waktu pembalap pada sesi pagi hari. Danilo Petrucci (tim Pramac) berada di depan, diikuti rekan setim Baz, Hector Barbera dan Lorenzo ada di urutan tiga.

Sesi tes pramusim hari kedua di sirkuit Sepang akan berakhir pukul 6 sore. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top