Kamis,20 Okt 2016 14:15 WIB

Penulis: fendi

Aturan Baru: Aerodinamika Dibatasi, Baju Balap Wajib Pakai Airbag

Halaman 1 dari 2

Foto: Yamaha

Mulai 2018 semua pembalap wajib memakai baju balap yang dilengkapi airbag

Suzuka – Pertemuan terbaru Grand Prix Commission di Suzuka, Jepang (akhir pekan lalu), para anggota memutuskan aturan mengenai aerodinamika motor tahun 2017 dan baju balap wajib pakai airbag untuk musim 2018.

Mulai 2017, tim hanya dapat meng-upgrade desain fairing dari sepatbor depan selama musim balap itu. Penghemantan biaya menjadi alasan perubahan peraturan ini. Banyak yang percaya ini adalah karena akibat langsung dari larangan pemakaian pada 2017.

Alasan lainnya, menghilangkan bahaya tersambar sayap yang menonjol. Ini mengisyaratkan bahwa fokus pabrikan akan beralih pada desain fairing.

Pada tahun depan, pabrikan harus menampilkan desain fairing dan mudguard (sepatbor) dengan hanya diperbolehkan masing-masing sekali melakukan upgrade per musim balap.

Dengan hilangnya sayap (winglet), memungkinkan pabrikan untuk terus mengembangkan aerodinamika, tetapi bisa memangkas  waktu dan uang yang dihabiskan untuk mencari cara lain agar motor tidak wheelie (roda depan terangkat).

Aturan ini berlaku untuk setiap pembalap, bukan setiap motor. Karena seperti yang tampak musim ini, setiap pembalap dalam satu tim menggunakan desain sayap berbeda.

Halaman 1 2

EDITOR

fendi

Top