Senin,15 Agust 2016 08:30 WIB

Penulis: JLM

Ulasan MotoGP Seri 10 Austria

Austria Tak Sekadar Sukses Perdana Buat Ducati

Foto: Ducati Motor Holding SpA

Kemenangan Ducati di Red Bull Ring tak semata satu hal perdana yang terjadi di Austria. Ada hal perdana lainnya yang terjadi di MotoGP Seri 10 ini

AUSTRIA - Andrea Iannone akhirnya memecahkan paceklik kemenangan Ducati sejak 2010 lampau. Puasa enam musim lamanya terbayarkan dengan kemenangan Andrea Iannone di MotoGP ronde 10 di sirkuit Red Bull Ring, Austria (14/8). 

Prestasi dan sejarah pribadi ditorehkan Andrea Iannone karena kemenangan di MotoGP Austria adalah kemenangan pertama sepanjang berkiprah di MotoGP.  

Ternyata, bukan hanya Andrea Iannone yang mencetak prestasi perdana. Ada beberapa peristiwa perdana juga di ajang MotoGP Seri 10 itu. Salah satunya adalah sirkuit Red Bull Ring menjadi host MotoGP sejak era 4-Tak diperkenalkan pada 2002 silam saat masih bernama sirkuit A1 RIng. 

Sirkuit A1 Ring pernah menghelat event MotoGP yang sebelumnya lebih banyak dikenal dengan GP Motor yang dibagi dalam kelas GP500, GP250 dan GP125 yang mengusung teknologi mesin 2-Tak pada 1996-1997 silam. 

Trek dengan rentang 4,318 km dengan total 10 tikungan terbagi 7 tikungan kanan dan 3 kiri memiliki karakter high speed karena tidak banyak tikungan variatif yang mesti dilibas dengan gigi rendah. 

Fakta Red Bull Ring berkarakter trek berkecepatan tinggi ini membuatnya klop dengan Ducati yang memiliki tenaga mesin paling digdaya dari seluruh kuda besi kontestan MotoGP musim ini. 

Benefit buat Desmosedici itu benar-benar dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh tim Ducati yang dimenangi Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso di posisi kedua. 

Akankah Ducati dapat mempertahankan performa seperti ditorehkan di Red Bull Ring. Jawabnya bisa ya dan tidak. Apalagi menilik hanya Red Bull Ring yang memang karakternya pas dengan Desmosedici GP andalan Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso musim ini.

Fakta perdana apa saja yang terjadi di Red Bull Ring Austria lalu? Berikut beberapa uraiannya. (otomotifnet.com)

 

 

2016 MotoGP Seri 10 Austria Red Bull Ring Raceday
Dani Pedrosa menjadi pembalap pabrikan yang amat kesulitan di MotoGP Seri 10 Austria (12-14/8) lalu
Dani Pedrosa menjadi pembalap MotoGP pertama yang mengalami crash di Red Bull Ring, tepatnya di sesi FP1. Insiden itu melemparkan RC213V di tikungan 9 menuju run-off area tikungan 10 yang berlapis aspal dengan derasnya hingga motornya membentur pagar udara dan merusak air fence. Efeknya, sesi FP1 sempat dikibasi bendera merah tanda dihentikan. 

 

 

2016 MotoGP Seri 10 Austria Red Bull Ring Raceday
Winglet di Austria hampir mirip seperti di YZR-M1 pabrikan andalan Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi
Winglet ala YZR-M1 milik Lorenzo dan Rossi jadi tren di MotoGP ronde 10 di Red Bull Ring, Austria. Sayap kecil (winglet) yang diaplikasikan kubu Yamaha banyak ditiru oleh para rival, baik itu tim Ducati (sayap baru di tim pabrikan), Pramac Racing (Danilo Petrucci dan Scott Reding) dan LCR Honda (Cal Crutchlow).. 

 

 

2016 MotoGP Seri 10 Austria Red Bull Ring Raceday
Tercatat ada lima pembalap yang ketahuan melakukan jump start. Salah satu pembalap, Hector Barbera, diganjar diskualifikasi karena tak mengindahkan ride through penalty
Seri MotoGP Seri 10 Austria menjadi ajang paling banyak pembalap yang melakukan jump start. Ada sekitar 5 joki di kelas MotoGP yang divonis mencuri start. Mereka adalah Stefan Bradl, Alvaro Bautista, Yonny Hernandez, Cal Crutchlow dan Hector Barbera. Nama terakhir diganjar bendera hitam (diskualifikasi) akibat tidak mengacuhkan perintah menjalani ride through penalty sebagai hukuman melakukan jump start. 

 

 

2016 MotoGP Seri 10 Austria Red Bull Ring
Juara di ketiga kelas, Moto3, Moto2 dan MotoGP sekaligus juga peraih pole position
Para pemenang di ronde 10 Red Bull Ring, Austria di ketiga kelas baik Moto3, Moto2 dan MotoGP adalah para pembalap yang start di posisi terdepan atau pole sitter. Uniknya para pole sitter di ketiga kelas itu harus tercecer dulu dari barisan depan dan lalu di akhir-akhir lomba berhasil menyalip dan finish sebagai juara. Joan Mir (Moto3), Johann Zarco (Moto2) dan Andrea Iannone stereotip terkait dengan keberhasilannya jadi juara di Austria.

 

 

2016 MotoGP Seri 10 Austria Red Bull Ring Raceday
Joan Mir dan Andrea Iannone memiliki persamaan di ronde 10 MotoGP Austria. Mereka mengoleksi kemenangan perdananya dan diraih setelah meraih pole position
Joan Mir dan Andrea Iannone memang berbeda kelas yang diikutinya, Satu turun di Moto3 dan MotoGP. Akan tetapi di Austria ini keduanya memiliki persamaan yang plek-plek sama. Yaitu keduanya menorehkan kemenangan perdananya di masing-masih kelas. Joan Mir menorehkan kemenangan pertama kali di kiprahnya di Moto3 dan Andrea Iannone mengukir kemenangan pertamanya sepanjang ia berkarier di MotoGP.

 

 

EDITOR

JLM

Sabtu,1 Okt 2016 18:45 WIB

KUN Manado 2016

Jumat,23 Sept 2016 10:30 WIB

Toyota Sienta - Test Drive Review

Top