Senin,8 Feb 2016 17:19 WIB

Penulis: DAB

Beda ECU dan Ban di Tes Sepang, Lorenzo: Gak Ngaruh!

Beda ECU dan Ban di Tes Sepang, Lorenzo: Gak Ngaruh!

Foto: Yamaha Racing Srl

Jorge Lorenzo mengatakan kalau engine brake jadi cara utamanya jadi yang tercepat di tes sepang 2016

OTOMOTIFNET - Dua kali menjadi yang tercepat di tes Sepang, Malaysia 2016 (1-3/2) lalu, Jorge Lorenzo mengakui kalau performa YZR-M1 kini agak lebih sulit 'dijinakkan'. Aturan ECU seragam dan ban baru lansiran Michelin memang membuat settingan motor tiap pembalap akan berbeda. 

Namun hal tersebut faktanya tidak begitu masalah bagi juara dunia MotoGP tiga kali (2010, 2012 dan 2015). Sebagaimana yang dijelaskan Ramon Forcada yang merupakan crew chief Jorge Lorenzo

"Peranti lunak terbaru bekerja dengan baik, hanya saja masih sedikit sulit mengaturnya. Ini bukan hasil baik yang kami inginkan, tapi juga bukan musibah. Sebab semua ini tetap berada di jalur yang tepat," ujar Forcada. 

Soal performa Lorenzo di tes Sepang, engine brake jadi cara JL99 catatkan waktu tercepat. "Bentuk motor yang berubah, ban dengan kompon yang lebih keras sepertinya engine brake jadi cara yang tepat agar mudah berakselerasi setelah tikungan. Hal ini terbukti ampuh dan dilakoni secara baik oleh Lorenzo," tambah Forcada. 

Hingga hari terakhir tes, Lorenzo berhasil meningkatkan catatan waktunya kurang lebih satu detik. Tes pramusim selanjutkan akan dilakukan di Philip Island, Australia 17-19 Februari mendatang. (otomotifnet.com)

EDITOR

JLM

Top