Minggu,30 Okt 2016 10:32 WIB

Penulis: DAB

MotoGP Seri 17, Malaysia

Bersama Rossi, Mau Dibawa Kemana Pengembangan Yamaha YZR-M1?

Foto: Yamaha Racing Official

Valentino Rossi akan komandani pengembangan Yamaha YZR-M1 musim depan

Sepang - Tahun depan, akan ada wajah baru di tim Yamaha MotoGP. Duet Valentino Rossi dan Maverick Vinales akan menjadi ujung tombak tim Garpu Tala. Tak pelak, hanya Valentino Rossi yang memiliki pengalaman dalam membesut Yamaha YZR-M1. Apalagi di tim satelitnya, Monster Yamaha Tech3, Johann Zarco dan Jonas Folger masih dalam masa beradaptasi dengan Yamaha di musim depan. 

Lalu aspek mana dari motor yang akan dikembangan untuk musim depan? "Bagiku harus ada pengembangan kecil bagi mesin, terutama untuk trek lurus. Namun fokus utama adalah peningkatan daya cengkeram ban, khususnya ban belakang," ujar Rossi. 

"Kami (Yamaha) kalah satu langkah dari Honda sebelum memasuki musim kedua. Honda sudah selangkah lebih maju dalam penyesuaian (terhadap ban Michelin dan ECU Magneti Marelli) yang membuat mereka lebih cepat dari kita. Itulah fokus besarnya sebelum musim depan," tambah The Doctor. 

Namun bagi VR46, Yamaha memiliki keunggulan dalam trek basah. Hal ini ditunjukan sejak sesi kualifikasi MotoGP Sepang, Malaysia (29/10) dimana Yamaha berhasil menguasai baris depan untuk memulai balapan. 

Kondisi cuaca yang susah diprediksi dan aspal baru membuat pemilihan ban menjadi sangat sulit. "Kami bagus di kedua cuaca (hujan dan panas), aspalnya juga bagus namun lebih bagus lagi jika tidak hujan," pungkas Valentino Rossi. (otomotifnet.com)

EDITOR

DAB

Top