Jumat,5 Feb 2016 21:00 WIB

Penulis: DAB

Bos Ducati Beberkan Rahasia Stoner dan Kontrak Pembalap Ducati

Bos Ducati Beberkan Rahasia Stoner dan Kontrak Pembalap Ducati

Foto: Rianto

Paolo Ciabatti menceritakan tentang Stoner dan kontrak para pembalap Ducati

Tangerang Selatan - Dalam acara meet and greet bersama Andrea Dovizioso di BSD, Banten (5/2), ternyata bukan hanya Dovizioso saja yang hadir dari tim Ducati MotoGP. Paolo Ciabatti selaku Sporting Director Ducati pun hadi menemani pembalap andalannya tersebut ke Indonesia. 

Ditemui secara ekskusif oleh OTOMOTIFNET, Ciabatti banyak bercerita tentang Desemosdici GP, kontrak Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone, serta kesempatan Casey Stoner untuk mendapatkan willdcard musim ini.

Perihal Desmosedici GP16, pria asal Italia ini mengatakan kalau performanya sangatlah baik, jika ada yang bilang performanya berubah karena menggunakan ban Michelin, itu salah besar. 

Ia menjelaskan kalau performa ban sama sekali tidak memberikan pengaruh pada catatan waktu mereka saat tes. Hanya saja ada beberapa bagian yang harus dikembangkan lebih jauh agar sesuai dengan karakter ban Michelin.

"Yamaha, Honda, dan Suzuki menggunakan ban yang sama, tetapi mereka bisa tampil lebih cepat. Bukan bannya yang salah," ujarnya. 

 

Andrea Dovizioso tiba di lokasi jumpa penggemar
Andrea Dovizioso pun mengatakan kalau suspensi Desmosedici GP 
butuh penyesuaian lebih agar klop dengan ban Michelin

Bahkan test ridernya, Casey Stoner pun berhasil menembus lima besar pada tes hari ketiga. Hasil tersebut lebih baik dibandingkan Dovizioso dan Iannone. Kabar mengenai Stoner melakukan wildcard musim ini pun terdengar. 

"Kami sudah menawarkan Casey (Stoner) untuk melakukan wildcard, namun ia menolak," bantah Ciabatti. "Ia lebih menginginkan menghabiskan waktu bersama keluarganya. Menurutnya balapan yang berisiko membuatnya bisa kehilangan waktu bersama keluarganya di Australia. Kami menghormai alasannya, tapi kesempatan baginya untuk kembali balapan selalu terbuka," tambah Ciabatti. 

Soal kontrak pembalap, Dovizioso dan Iannone kontraknya akan habis musim ini. Pun demikian dengan Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, dan Marc Marquez, tak ayal bursa transfer pembalap pabrikan akan seru musim ini. 

Ducati sebisa mungkin akan mempertahankan pembalap utamanya kini jika prestasinya bagus. "Iannone dan Dovizioso akan kami usahakan tetap bertahan sebab keduanya sudah sangat matang dengan Ducati," kata Ciabatti. 

"Berbeda dengan Yamaha dan Honda yang punya regenerasi pembalap muda, hal ini lah yang membuat kami memiliki delapan pembalap musim ini. Jika ada regenerasi, maka akan kami ambil dari tim yang di bawahnya," pungkasnya. 

Ducati akan kembali menjalani tes di Philip Island, Australia pada (17-19/2) mendatang. Pada tes di Qatar 2-4 Maret, Casey Stoner akan kembali melakukan tes. (otomotifnet.com)

EDITOR

Joni Lono Mulia

Top